Energi Jarak dari Graf Kipas

Ahmad Shulhany M, Agusutrisno Agusutrisno

Abstract


Graf merupakan himpunan terurut dari himpunan titik dan himpunan sisi. Panjang lintasan terpendek antara dua titik dan dinamakan jarak, dinotasikan dengan . Keluarga lintasan saling lepas secara internal dengan titik ujungnya u dan v, dinotasikan dengan . Urutan panjang lintasan dari yang terpendek hingga terpanjang dinamakan lintasan disjoin ke-i atau . Jarak ke-i, ditulis , adalah , dapat direpresentasikan ke dalam matrik jarak ke-i atau . Akar-akar dari polinomial karakteristik yaitu dan disebut nilai eigen pada G. Energi jarak ke-i pada G didefinisikan sebagai . Penelitian ini berfokus untuk menentukan energi jarak dari graf kipas.

Keywords


Energi jarak; graf kipas;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Gutman, I. (2001). The energy of a graph: old and new results, dalam: A. Betten, A. Kohnert, R. Laue, A. Wassermann (Eds.), (2001). Algebraic Combinatorics and Applications. Berlin: Springer-Verlag, 196–211.

Hsu, D. F., & Luczak, T. (1994). The k-Diameter of k-Regular k-Connected Graphs. Discrete Mathematics, 291-296.

Opsahl, T., Agnessens, F., & Skvoretz, J. (2010). Node Centrality in Weighted Networks: Generalizing Degree and Shortest Paths. Social Networks , Vol. 32, 245-251.

Wasserman, S., & Faust, K. 2010. Social Network Analysis: Methods and Applications. Newyork: Cambridge University Press.

Xueliang, L., Yongtang, S., & Gutman, I. (2010). Graph Energy. London: Springer.

Yegnanarayanan, V. (2017). On Some Aspects of The Generalized Petersen Graph. Electronic Journal of Graph Theory and Applications, 163-178.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v15i1.5962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.