PENGUASAAN KOSAKATA DAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA

Tatu Hilaliyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis karangan narasi; (2) ada tidaknya hubungan kecerdasan interpersonal siswa dengan kemampuan menulis karangan narasi; (3) ada tidaknya hubungan penguasaan kosakata dan kecerdasan interpersonal siswa secara bersama-sama dengan kemampuan menulis karangan narasi. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Sampel adalah siswa kelas VII SMP IT Raudhatul Jannah berjumlah 50 siswa secara randum. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan angket. Variabel kemampuan menulis karangan narasi digunakan instrumen berupa tes mengarang, variabel kecerdasan interpersonal intrumen yang digunakan berupa angket tertutup, variabel penguasaan kosakata data diperoleh dengan tes pilihan ganda. Adapun analisis data menggunakan analisis inferensial uji F dan uji t dengan bantuan software SPSS 22 for windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) ada hubungan yang siginifikan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis karangan narasi rhitung (0,687) > rtabel (0,443), koefisien korelasi diuji dengan uji t, hasil thitung (4,010) > ttabel (1,734); (2) ada hubungan yang siginifikan antara kecerdasan interpersonal siswa dengan kemampuan menulis karangan narasi harga rhitung (0,778) > rtabel (0,443), koefisien korelasi diuji dengan uji t, hasil thitung (5,256) > ttabel (1,734); (3) ada hubungan signifikan antara penguasaan kosakata dan kecerdasan interpersonal siswa secara bersama-sama dengan kemampuan menulis karangan narasi Ry(1,2) sebesar 0,829, koefisien korelasi signifikansi dengan uji-F diperoleh Fhitung = 18,701, pada taraf nyata α = 0,05, dengan df 19 diperoleh Ftabel = 3,52 maka Fhitung > Ftabel. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penguasan kosakata dan kecerdasan interpersonal siswa memiliki hubungan yang signifikan secara bersama-sama dengan kemampuan menulis karangan narasi siswa.

Keywords


penguasaan kosakata, kecerdasan interpersonal, kemampuan menulis karangan narasi

Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. Chaedar dan Senny Suzanna, A. 2005. Pokoknya Menulis. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Arikunto, Suharsimi. 2010. ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Chaer, Abdul. 2007. Leksikologi dan Leksikografi Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajagrafindo.

Djiwandono, M. Soenardi. 2011. Tes Bahasa Pegangan bagi Pengajar Bahasa.Jakarta: PTIndeks.

Finoza, Lamuddin. 2009. Komposisi Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa. Jakarta: Diksi

Hasani, Aceng. 2013. IhwalMenulis Edisi Revisi. Serang: Banten Muda.

Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.

Lilis, Suryani & Nofi Merlina, Siregar. 2008. Program Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Mahsun. 2014. Teks dalamPembelajaranBahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: RajaGrafindoPersada.

Masrupi. 2014. Metodologi Penelitian. Serang: Untirta Press.

Mulyasa, H.E. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: RosdaKarya.

Musfiroh, Tadkirotun. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Musfiroh, Tadkirotun. 2010. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Banana dan Sastra.Yogyakarta:BPFE.

Purwanto, N. 2010. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung :Rosda.

Riduwan dan Sunarto.2011. Pengantar Statistika. Bandung :Alfabeta.

Saryono, Djoko, danSoedjito. 2011. KosakataBahasa Indonesia. Malang: Aditya Media Publishing.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo.

Sugiyono.2011.MetodePenelitian Kuantitatif Kualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan.Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

Yaumi, Muhammad, dkk. 2013. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intellegences). Jakarta: KencanaPrenadamediaGrup.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar PAUD. Jakarta: Indeks

Wisnuwardhani, Dian dan Mashoedi, Sri Fatmawati. 2012. Hubungan Interpersonal. Jakarta: Salemba Humanika.

____.2010. PAS Mengolah Data Statistik Hasil Penelitian dengan SPSS 17.Yogyakarta: Andi Offset.

Faturohman, Nandang. 2006. Kemampuan Memahami Teks Berbahasa Arab dan Hubungannya dengan Penguasaan Kosa kata dan Motivasi Membaca. Jurnal. Serang: Litera FKIP Untirta.

Firmansyah. 2014. Keefektifan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Tanjung Lubuk Ogan Komering Ilir. Jurnal. Serang: Logat FKIP Universitas Sriwijaya.

Minsih. 2014. Pola Pengembangan Kecerdasan Interpersonal dan Intrapersonal di MI Al-Islam Kartasura Sukoharjo. Jurnal. Serang: Inovasi SD.

Muhidin, Asep. 2008. Kemampuan Mengarang Siswa SMA (Studi Korelasional Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan Pengetahuan Kosakata Dengan Kemampuan Menulis Karangan Siswa SMA). Jurnal. Serang: Gagasan FKIP Untirta.

Yuliani, Eka. 2014. Korelasi Penguasaan Kosa kata dan Minat Baca Terhadap Kemampuan Memahami Wacana Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Palembang. Jurnal. Serang: Logat FKIP Universitas Sriwijaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v3i2.5237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia