Optimasi Desain Sistem Saluran Pada Pengecoran Propeller Kapal Menggunakan Metode Taguchi
Abstract
Pesatnya perkembangan industri kecil menengah dalam bidang pengecoran logam mendorong inovasi dan pembaruan yang lebih baik dalam proses produksi guna menghasilkan produk cor yang lebih unggul. Salah satu produk cor yang dapat diproduksi oleh industri kecil menengah adalah propeller kapal. Sistem saluran (gating system) pada proses pengecoran propeller kapal sangatlah pentin. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan parameter sistem saluran yang optimum dalam pengecoran propeller kapal. Penelitian ini dilakukan dengan simulasi software ProCast 2016 menggunakan metode Taguchi untuk mendapatkan parameter sistem saluran optimum. Dari penelitian yang dilakukan didapat parameter yang paling berpengaruh terhadap respon shrinkage porosity ialah bentuk runner, kemudian tinggi sprue, dan yang terakhir bentuk sprue base. Untuk kontribusi tiap parameter yang paling berpengaruh ialah bentuk runner sebesar 42,40% terhadap shrinkage porosity yang terbentuk.
Keywords
Propeller Kapal, pengecoran, simulasi, shrinkage porosity
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.36055/fwl.v0i0.5449
Refbacks
- There are currently no refbacks.