PENILAIAN RUBRIK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL PRAKTIK IBADAH SHALAT DI SDI TAHTA SYAJAR BEKASI

Eva Dwi Kumala Sari, Ade Nailul Huda, Fikri Muthohari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)  perbedaan hasil belajar PAI siswa antara yang diberikan penilaian rubrik analitik dan penilaian rubrik holistik. (2)  untuk mengetahui interaksi antara penilaian rubrik dan motivasi terhadap hasil belajar PAI. (3) perbedaan hasil belajar PAI untuk siswa yang mempunyai motivasi tinggi antara siswa yang diberikan penilaian rubrik analitik dan penilaian rubrik holistik. (4)  perbedaan hasil belajar PAI untuk siswa yang mempunyai motivasi rendah antara siswa yang diberikan penilaian rubrik analitik dan penilaian rubrik holistik. Penelitian ini dilaksanakan di SDI Tahta Syajar Bekasi. Dengan jumlah sampel 40 siswa dengan menggunakan tehnik cluster random sampling. Data hasil belajar PAI diperoleh melalui tes hasil belajar, dan  data motivasi belajar siswa diperoleh melalui instrumen motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar PAI siswa yang diberi penilaian rubrik analitik lebih tinggi daripada yang diberi penilaian rubrik holistik, (2) terdapat pengaruh interaksi antara penilaian rubrik dengan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar PAI, (3) bagi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, hasil belajar PAI siswa yang diberi penilaian rubrik analitik, lebih tinggi daripada hasil belajar PAI siswa yang diberi penilaian rubrik holistik, dan (4) bagi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, hasil belajar PAI siswa yang diberi penilaian rubrik analitik, lebih rendah daripada hasil belajar PAI siswa yang diberi penilaian rubrik holistik.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, 2012. Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arter, Judith A., and Jay Mc Tighe. Scoring Rubrics in the classroom, using performance Criteria for Assesing and Improving Student Performance. California: Corwin Press, 2001.

Basuki, Ismet dan Haryanto. 2014. Assesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Butler, Susan M., and Nancy D. McMunn. A Teacher’s Guide to Classroom Assessment, Understanding and Using assessment to Improve Student

Learning. San Franscisco: Jossey- Bass, 2006.

Depdiknas. 2008. Panduan Penulisan Butir Soal. Jakarta: Depdiknas.

Hamid, Mohammad Soleh. 2011. Standar Mutu Penilaian dalam Kelas. Jakarta: Diva Press.

Haryati, Mimin. 2013. Model dan Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Referensi.

Jihad Asep dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo,.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Muslich, Mansur. 2011. Authentic Assessment Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang

Standar Nasional Pendidikan. 2005. Jakarta: CV. Eka Jaya.

Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 66 Tahun 2013 tentag Standar Penilaian Pendidikan. 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Republik Indonesia. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 69 Tahun 2013 tentag Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud.

Aiken Lewia R., (1988). Psychology Testing and Assessment, Sixth Edition, Massachussets: Allyn and Bacon, Inc,

Bonnie Campbell Hill and Cynthia Ruptic, 1994. Practical Aspects of Authentic Assessment, USA: Christopher-Gordon, Inc,

Bloom, Benjamín S (ed), Taxonomy of Educational Objectives: The Classication of Educational Goal, Handbook One, Cognitive Domain, New York: David MC kay Co., Inc., 1956.

Djaali, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Djaali dan Pudji Mulyono, Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan, Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, 2004.

Gagne, Robert M. The Conditions of Learning, New York: Holt Rinehart and Winston, 1983.

Gronlund Norman E., How to Make Achievement Test and

Assessments,Fifth Edition, USA: University of Illinois Allyn and Bacon, Boston London Toronto Sidney Tokyo Singapore, 1993.

Hayat Bahrul, Prinsip-prinsip dan Strategi Penilaian di Kelas, Jakarta, Puspendik Balitbang Depdiknas, 2006.

Hurlock B. Elizabeth. 1978.Child Development Sixth Edition, Terjemahan Tjandrasa Jakarta: Erlangga,

Johnson Elaine B., Contextual Teaching and Learning, terjemahan Ibnu Setiawan, Bandung: Mizan Learning Center, 2007.

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Mulyono Abdulrahman dan Totok Bintoro, Memahami dan Menangani siswa dengan problema dalam Belajar. Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2000.

Naga S Dali.., Pengantar Teori Sekor pada Pengukuran Bidang Pendidikan. Jakarta: Guna Dharma, 1992.

Naga S Dali., Probabilitas dan Sekor pada Hipotesis Statistika. Jakarta: Universitas Tarumanegara, 2008.

Nasution, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Nitko, Anthony J. Educational Assessment of Students.(USA: Merril, 1996.

Popham W. James, Calssroom Assessment What Teacher Need to Know USA: Allyn & Bacon, 1995.

Rahmat Jalaluddin, Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Salim dan Th. Nuraeni Ekaningrum, Tes Tertulis, (Jakarta: Puspendik

Balitbang Depdiknas, 2006.

Sanjaya Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar proses Pendidikan Jakarta: Kencana Pernada Media Group, 2006.

Santrock John W., Live Span Development, Terjemahan Achmad Chusairi Jakarta: Erlangga, 2002.

Semiawan Conny, Kreativitas Keberbakatan Jakarta: Indeks, 2009

----------------, Perspektif Pendidikan Anak Berbakat, Jakarta: Grasindo, 1997.

Shirran Alex, Mengevaluasi Siswa, terjemahan Nien Bakti Soemanto, Jakarta: Grasindo, 2008.

Stanley, Julian C. and Hopkins, Kenneth D. Educational and Psyhological Measurement and Evaluation. (London: Englewood Cliffs, New Jersey Prentice Hall, 1992.

Sternberg J. Robert, Psikologi Kognitif, Jakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

Sudjana, Metode Statistik, Bandung: Tarsito, 2005.

Sudjana Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA