ANALISIS LEARNING OBSTACLES KONSEP GEOMETRI PADA MAHASISWA SEMESTER 1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOSEN SEKOLAH DASAR

Een Unaenah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan mahasiswa dalam mengerjakan soal konsep geometri. Beberapa mahasiswa terlihat kebingungan ketika dihadapkan dengan soal yang tidak biasa diberikan oleh Dosen. Maka harus adanya suatu rencana pengembangan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan respon mahasiswa. Tujuan penelitian adalah mengeksplorasi dan menganalisis hambatan belajar (learning obstacles) untuk merancang desain didaktis pembelajaran konsep dasar matematika materi geometri yang dapat diterapkan di semester 1prodi PGSD. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Partisipan penelitian yaitu 120 mahasiswa Prodi PGSDsemester 1 pada tiga kelas dengan karakteristik yang berbeda. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, tes dan observasi. Data dianalisis secara kualitatif untuk mengetahui jenis learning obstacle, kemudian peneliti menyusun antisipasi didaktis pedagogis berdasarkan learning obstacle yang telah teridentifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah ontogenical obstacle, didactical obstacle, epistemological obstacle mahasiswa pada pembelajaran konsep dasar matematika materi geometri dan Hypotetichal learning trajectory.


Full Text:

PDF

References


Adjie, N. dan Maulana. (2006). Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: UPI Press.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Brousseau. (1970-1990). Theory of Didactical Situations in Mathematics. The Netherlands. Kluwer Academic Publishers.

Hudojo, Herman. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Suryadi, D. (2008). Metapedadidaktik dalam Pembelajaran Matematika: Suatu Strategi Pengembangan Diri Menuju Dosen Matematika Profesional (Pidato Pengukuhan Dosen Besar dalam Bidang Ilmu Pendidikan

Matematika pada FPMIPA UPI, 22 Oktober 2008). Bandung: UPI.

Suryadi, D. (2012). Membangun Budaya Baru Dalam Berfikir . Bandung: Rizqi Press

Widdiharto, R. (2004). Model-model Pembelajaran Matematika SMP. PPPG Matematika. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA