ANALISIS TINDAK TUTUR GURU DALAM PROSES PEMBELAJARA MEMBACA BERSAMA DI SDN KARUNDANG I, KABUPATEN SERANG, PROVINSI BANTEN

Sundawati Tisnasari

Abstract


Dalam proses pembelajaran guru selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Salah satunya, yaitu pemilihan metode yang tepat. Membaca bersama adalah salah satu teknik yang digunakan guru agar siswa melek huruf dan baca serta meningkatkan kesadaran literasi. Salah satu keberhasilan tersebut adalah adanya upaya guru menggunakan bahasa lisan/ujaran dengan baik dan benar. Penelitian ini memiliki tujuan, pertama menemukan jenis tindak tutur direktif guru dalam proses belajar mengajar. Kedua, mendeskripsikan bentuk tuturan dari jenis tindak tutur direktif guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan bentuk tuturan dari jenis tindak tutur direktif dan makna yang terkandung dalam tuturan tersebut. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan November 2016. Tempat yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah SDN Karundang I Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Sumber data dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan peserta didik kelas 1. Berdasarkan data di lapangan peneliti menemukan 31 bentuk tuturan direktif. Bentuk tuturan direktif yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas, bentuk tuturan direktif menyuruh, bentuk tuturan direktif memohon, bentuk tuturan direktif menasihati, bentuk tuturan direktif menyarankan dan bentuk tuturan direktif menantang. Tuturan yang paling banyak dikemukan, yaitu bentuk tuturan direktif menantang, sedangkan yang tidak sering digunakan, yaitu bentuk bentuk tuturan direktif memohon.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Pustaka.

Gunarwan, Asim. 1994. Pragmatik: Pandangan Mata Burung di dalam

Soenjono Dardjowidjojo (penyunting) Mengiring Rekan Sejati: Festschrift buat Pak Ton. Jakarta: Unika Atma Jaya.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Iskandarwassid, dkk. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Juansah, Dase Erwin. 2012. Pengantar Pragmatik. Serang: Untirta Press.

Leech, Geofrey. 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta: Indonesia University Press.

Moleong, J. Lexy. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Erlangga.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Teknik Analisis Bahasa – Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif-Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Uno, B. Hamzah. 2007. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijana, I Dewa Putu. 1996. Dasar-Dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA