Sosialiasi platform digital BIM (Building Information Modelling) bagi guru SMKN 1 Tanara Banten

Rindu Twidi Bethary, Nanang Krisdianto, Soelarso Soelarso, Dwi Esti Intari, Nuniek Hermita, Arief Budiman, Ngakan Putu Purnaditya, Siti Asyiah

Abstract


Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan dalam bidang konstruksi telah berkembang secara pesat, salah satunya yaitu konsep Building Information Modeling (BIM). Teknologi tersebut fokus pada bidang arsitektur, engineering, dan konstruksi dengan mensimulasikan seluruh informasi. Pemerintah Indonesia juga menerapkan regulasi dan hukum terkait implementasi BIM di bidang konstruksi. Salah satu upaya untuk memperkenalkan teknologi tersebut yaitu memasukkan BIM sebagai salah satu kompetensi keahlian pada kurikulum SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada guru-guru SMK Negeri 1 Tanara pada kompetensi Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan (DPIB). Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan metode ceramah, praktek, dan diskusi. Peserta yang hadir adalah 13 guru dan kegiatan dilakukan secara tatap muka. Hasil dari kegiatan sosialisasi ini adalah memperkenalkan BIM sehingga diharapkan setelah mengikuti kegiatan sosialisasi ini para guru dapat mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam kegiatan pembelajaran khususnya kompetensi DPIB.

 

The development of technology and science in the construction sector has developed rapidly, including the concept of Building Information Modeling (BIM). This technology focuses on architecture, engineering, and construction by simulating all information. The Indonesian government also implements regulations and laws related to the implementation of BIM in the construction sector. One effort to introduce this technology is to include BIM as one of the skills competencies in the Vocational High School (VHS) curriculum. This community service activity aims to provide knowledge and understanding to teachers at SMK Negeri 1 Tanara regarding the Design, Modeling, and Building Information (DMBI) competency. The methods used in this activity are lecture, practice, and discussion methods. The participants who attended were 13 teachers, and the activities were carried out face-to-face. The result of this socialization activity is to introduce BIM so that after participating in this socialization activity, teachers can apply this knowledge in learning activities, especially DMBI competencies.


Keywords


Building information modeling; sosialisasi; SMK; digitalisasi

Full Text:

PDF

References


I. G. A. D. Dhyanasaridewi, “Analisis digitalisasi industri, penciptaan kesempatan kerja dan tingkat pengangguran terbuka di Indonesia”, J. Kompleks., vol. 9, no. 1, pp. 21–29, 2020.

D. V. Asmarayani, & N. C. Kresnanto, “Penilaian efektivitas implementasi building information modelling (BIM) pada proyek konstruksi bangunan gedung”, J. Tek. Sipil, vol. 16, no. 4, pp. 247–260, 2022.

Y. Yurisman, E. Suardi, & M. Misriani, “Pelatihan building information modelling untuk guru SMKN 1 Padang”, Pengabdi. dan Pengemb. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 1-6, 2021.

J. I. Assa, R. J. Mandagi, J. Tjakra, & M. Sibi, “Kajian peranan pengelola proyek dalam menyelenggarakan proyek pada tahap pelaksanaan”, Jurnal Sipil Statik, vol. 2, no. 2, pp. 94–106, 2014.

C. A. Berlin, R. P. Adhi, A. Hidayat, & H. Nugroho, “Perbandingan efisiensi waktu, biaya, dan sumber daya manusia antara metode Building Information Modelling (BIM) dan konvensional (Studi kasus: Perencanaan gedung 20 lantai)”, Jurnal Karya Teknik Sipil, vol. 5, no. 2, pp. 220-229, 2016.

S. Azhar, “Building information modeling (BIM): Trends, benefits, risks, and challenges for the AEC industry”, Leadersh. Manag. Eng., vol. 11, no. 3, pp. 241–252, 2011.

D. N. Saputro, G. Pamudji, N. I. S. Hermanto, & A. Widyaningrum, “Pelatihan dasar pengoperasian Building Information Modeling (BIM) Tekla Structures bagi guru SMK Teknik Bangunan di Kabupaten Banyumas”, J. Pengabdi. UNDIKMA, vol. 2, no. 2, pp. 134-141, 2021.

R. M. Rizqy, N. Martina, & H. Purwanto, “Perbandingan metode konvensional dengan bim terhadap efisiensi biaya, mutu, waktu”, Constr. Mater. J., vol. 3, no. 1, pp. 15–24, 2021.

Republik Indonesia, “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 16 Tahun 2021 tentang Bangunan Gedung”, Jakarta: Sekretariat Negara, 2021.

N. Ameliyana, & D. Suyadi, “Persepsi guru teknik gambar bangunan tentang kurikulum 2013”, J. PenSil, vol. 2, no. 2, pp. 129–140, 2013.

Republik Indonesia, “Revitalisasi sekolah menengah kejuruan dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia”, Intruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9, 2016.

M. A. Ramadhan, A. Maulana, A. Anindya, B. E. Sanktiaji, W. Cahyati, O. D. Darmawan, & A. D. J. Prasetyo, “Pengenalan konsep BIM melalui AutoCAD dan Allplan pada siswa kompetensi keahlian DPIB SMKN 1 Cikarang Barat”, Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, vol. 4, no. 2, pp. 75-81, 2022.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, “Keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 4678 Tahun2016 tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan”, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.

A. Aldo, “Pembuatan modul pembelajaran Autocad pada mata pelajaran aplikasi perangkat lunak dan perancangan interior gedung di SMK Negeri 3 Yogyakarta”, J. Pendidik. Tek. Sipil, vol. 2, no. 1, pp. 37–51, 2020.

A. A. Nurfajar, R. P. Wahyuningaji, & A. Dardiri, “Impact of vocational curriculum 2013 on the role of vocational school graduates in industrial construction services”, Adv. Soc. Sci. Educ. Humanit. Res. vol. 242, no. 130, pp. 133–135, 2019.

H. Hendra, D. Deni, B. Karsono, S. Olivia, & A. Azhar, “Pengenalan peran platform digital BIM (Building Information Modelling) dalam program Autodesk Revit bagi masyarakat pelajar Kota Lhokseumawe”, J. Solusi Masy. dikara, vol. 2, no. 3, pp. 166–171, 2022.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, “Prinsip Dasar Sistem Teknologi BIM dan Implementasinya di Indonesia”, Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, 2019.

I. W. Suasira, I. M. Tapayasa, I. M. A. Santiana, & I. G. S. Wibawa, “Analisis komparasi metode building information dan metode konvesional pada perhitungan RAB struktur proyek”, J. Tek. Gradien, vol. 13, no. 01, pp. 12–19, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/cecd.v2i2.22176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Civil Engineering for Community Development is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.