Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Program Keahlian Desain Pemodelan Informasi Bangunan SMKN 1 Tanara Banten

Rindu Twidi Bethary, Nanang Krisdianto, Dwi Esti Intari, Arief Budiman, Soelarso Soelarso, Ngakan Putu Purnaditya, Siti Asyiah

Abstract


Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan terus berkembang dimana pada saat ini industri konvesional sudah berubah menjadi digitalisasi, hal tersebut harus sejalan dengan peningkatan kompetensi guru merupakan salah satu faktor keberhasilan kegiatan pembelajaran terutama guru SMK yang mengajar dibidang produktif keteknikan. Dalam pendidikan vokasi dituntut untuk dapat menghasilkan lulusan yang siap kerja, sehingga dalam proses pembelajaran bukan hanya mendengarkan penjelasan guru didepan, tetapi juga melakukan kegiatan mengamati dan mendemonstrasikan. Untuk itulah dirancang kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dalam upaya peningkatan kinerja guru melalui pelatihan berkesinambungan dengan tema pengembangan bahan ajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan metode ceramah, praktik dan diskusi. Pelatihan diikuti oleh 14 orang guru pada keahlian desain permodelan informasi bangunan, hasil dari pelatihan ini adalah adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan para guru dalam membuat rancangan media pembelajaran interaktif berbasis TIK. Harapan dari pelatihan ini dapat meningkatkan prestasi dan semangat belajar siswa.  Terdapat beberapa faktor yang menjadi kendala dalam kegiatan ini adalah bekal pengetahuan peserta terhadap aplikasi komputer, dengan dilakukannya pelatihan ini media pembelajaran yang telah dihasilkan dapat dilaksanakan secara optimal dan berkesinambungan.

 


Keywords


Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pelatihan, Sekolah Menengah Kejuruan, Digitalisasi

Full Text:

PDF

References


I. G. A. D. Dhyanasaridewi, “Analisis Digitalisasi Industri, Penciptaan Kesempatan Kerja dan Tingkat Pengangguran Terbuka di Indonesia,” J. Kompleks., vol. IX, no. 1, pp. 21–29, 2020, [Online]. Available: http://ejurnal.swadharma.ac.id/index.php/kompleksitas/article/view/18#

M. Ali, U. N. Yogyakarta, D. Laras, U. N. Yogyakarta, H. Mp, and U. N. Yogyakarta, “Peningkatan Kompetensi Guru-guru SMK Yogyakarta Melalui Pelatihan dan Pendampingan Aplikasi Motor Listrik di Industri,” SNPTE 2022, no. June, pp. 142–148, 2022.

M. Christidis and V. Lindberg, “Vocational knowing in subject integrated teaching: A case study in a Swedish upper secondary health and social care program,” Leraning, Cult. Soc. Interact., vol. 21, no. 3, pp. 21–33, 2019, doi: 10.1007/s12186-019-09225-0.

H. Biemans, L. Nieuwenhuis, R. Poell, M. Mulder, and R. Wesselink, “Competence-based vet in the netherlands: Background and pitfalls,” J. Vocat. Educ. Train., vol. 56, no. 4, pp. 523–538, 2004, doi: 10.1080/13636820400200268.

M. Amran and M. Irfan, “Pelatihan Kompetensi Pedagogik Guru,” vol. 22, no. 2, pp. 93–97, 2023.

Muhammad Yahya, Saharuna, Wahyudi, Kurnia Prima Putra, and Muhammad Hasim, “PKM Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Projek Pada Guru-Guru di SMK Tinambung Sulawesi Barat,” Vokatek J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 64–71, 2023, doi: 10.61255/vokatekjpm.v1i2.93.

F. Eliza, A. Asnil, and I. Husnaini, “Peningkatan Kompetensi Guru SMK Melalui Pelatihan Software Engineering,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. 5, no. 2, p. 67, 2019, doi: 10.24036/jtev.v5i2.106640.

O. Candra, F. Eliza, S. Islami, and Y. Alisman, “Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Diklat Memperbaiki Motor Listrik Guna Peningkatan Hasil Belajar,” Perspekt. Pendidik. dan Kegur., vol. 10, no. 2, pp. 7–15, 2019, doi: 10.25299/perspektif.2019.vol10(2).3930.

E. Fuad, B. Baidarus, H. Mukhtar, H. Hasanuddin, and M. Unik, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bagi Para Guru Smk Negeri 3 Bengkalis,” J. Pengabdi. UntukMu NegeRI, vol. 1, no. 1, pp. 24–28, 2017, doi: 10.37859/jpumri.v1i1.30.

Goziyah, A. Sulaeman, and A. Suherman, “Pelatihan Inovasi Pembelajaran di Era Kenormalan Baru,” J. Abdimas Prakasa Dakara, vol. 1, no. 1, pp. 12–17, 2021.

M. Silalahi, “Trainer Pada Pembelajaran Dasar Dan Pengukuran Listrik,” J. Teknol. Inf. dan Pendidik., vol. 10, no. 1, pp. 12–22, 2017.

I. W. Supriana and I. T. Sukmana, “Peningkatan dan Pengembangan Pengajaran Berbasis Teknologi Bagi Guru-Guru di SMK Pariwisata Margarana,” J. Widya Laksana, vol. 7, no. 1, pp. 47–54, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPKM/article/view/12564

A. Abduh, A. Alimuddin, F. Radhiyani, and ..., “PKM Pelatihan Berbasis E-Learning Bagi Guru SMK di Kabupaten Barru,” Semin. Nas. …, pp. 698–702, 2020, [Online]. Available: http://103.76.50.195/semnaslpm/article/view/19137

PUPR, “Prinsip Dasar Sistem Teknologi BIM dan Implementasinya di Indonesia,” 2019, pp. 1–56. [Online]. Available: file:///C:/Users/ASUS/Downloads/2.Modul Suhu dan Kalor.pdf, diakses pada tanggal 27 maret 2020




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/cecd.v1i2.24931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Civil Engineering for Community Development is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.