PERAN MAHASISWA DALAM MEMBANGUN DESA SAGA BALARAJA DENGAN MENINGKATKAN PENGALAMAN INTERAKSI DIGITAL DIMASA PANDEMI

Nufus Kanani, Pinkan Agustine, Rifqi Abdul Azis, Rizki Rani Dahlia, Jatra Wicaksono, Sukmasih Sukmasih, Rizky Arjun Prakoso, Herliana Juliyanti, Dilla Syaviah Tsamara

Abstract


Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) merupakan wadah pembelajaran bagi mahasiswa dalam memberdayakan serta
mengembangkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di daerah.
Pandemi menghambat mobilitas manusia dan mengganggu hampir seluruh aspek kehidupan, baik dari bidang
kesehatan, ekonomi, bahkan pendidikan. Media sosial juga telah melahirkan bisnis baru, cara berdagang yang
berbeda, bisa menjadi sumber penghasilan bahkan bisa membantu lembaga dalam menjalankan tujuannya,
misalnyaPerpustakaanSekolah.KantorDesaSagaterdapatdi kecamatanBalarajayang ditempatkan di
kampung Saga tepatnya di RT 06/002 dengan Luas Wilayah 572 Ha, baik pemukiman maupun lahan basah dan
kering. Dikarenakan situasi pandemic, program kerja dilakukan secaraonlinedimana kelompok mengupload
media berupa video ataupun poster dimedia sosial seperti Instagram, TikTok dan juga Youtube. Tema dari
kegiatan kami adalah“Membangun Desa Saga, Balaraja dengan Meningkatkan Pengalaman Interaksi Digital”.
Terdapat 4 tema besaryang kami lakukan untukmeningkatkan interaksi digital warga Desa Saga yaitu
kesehatan, kewirausahaan, pendidikan, dan lingkungan hidup.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.62870/dinamika.v8i2.14223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Dinamika