WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DAN KIMIA BAGI CALON GURU, GURU DAN DOSEN

Eri Rahmawati, Solfarina Solfarina, Rahman Hakim

Abstract


PembelajaranAbad21menempatkanketerampilanberkomunikasisebagaiketerampilanyangpenting
dikembangkan bagi peserta didik karena sangat dibutuhkan dalam menjalani kehidupan saat ini. Keterampilan
komunikasi tidak terlepas dari kemampuan menggunakan bahasa, baik bahasa Indonesia maupun Bahasa
Inggris. Bahasa Inggris sangat dibutuhkan di era globalisasi sehingga dibekalkan pada pembelajar dari tingkatan
SD sampai perguruan tinggi. Namun pada kenyataannya pembelajaran ini bagi sebagian besar peserta didik
tidak lebih dari sekedar pengetahuan, bukan menjadi keterampilan berbahasa yang digunakan dalam kehidupan
sehari-hari apalagi untuk menjadi alat dalam mengembangkan kompetensi di bidang lain seperti mencari
informasi. Di sisi lain, Ilmu Kimia merupakan ilmu yang tidak bisa dilepaskan dari semua sisi kehidupan
manusia. Sebagian materi kimia merupakan pengetahuan yang dibutuhkan semua masyarakat untuk hidup
dengan aman. Oleh karena itu,Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Kimia berusaha untuk
melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan sasaran calon guru, guru dan dosen Bahasa Inggris dan
Kimia untuk membuat media kreatif yang dapat digunakan dalam belajar bahasa Inggris sekaligus Kimia atau
sebaliknya. Hal ini sekaligus menjadi pembelajaran bagi siswa dalam waktu yang bersamaan. Kegiatan
dirancang selama bulan Juni sampai November 2021 yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi
kegiatan. Perencanaan meliputi analisis kebutuhan, menghubungi dan mencocokkan waktu dengan nara sumber
dan panitia serta merancang kegiatan. Pelaksanaan meliputi pembukaan, sajian dari nara sumber, tanya jawab
dan tindak lanjut. Kegiatan workshop dilaksanakan dari tanggal 14 sampai 16 Agustus 2021. Rangkaian
kegiatan ditutup dengan evaluasi keterlaksanaan kegiatan dan persepsi peserta. Hasil yang diharapkan dari
pengabdian ini adalah terlaksananya kegiatan sesuai rencana dan media kreatif yang dibuat peserta. Dari
rangkaian workshop selama 3 hari didapatkan sebanyak 13 media cetak (seperti modul dan LKPD) dan 12
media audio visual (video pembelajaran) baik berupa media pembelajaran Kimia dengan menggunakan bahasa
Inggris maupun media pembelajaran Bahasa Inggris yang berisi konten Kimia sederhana dalam konteks
kehidupan sehari-hari.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.62870/dinamika.v8i2.14236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Dinamika