Pengenalan Mengenai Bagaimana Menulis Artikel Jurnal Internasional Bagi Dosen dan Mahasiswa Pendidikan IPA di Salah Satu Universitas di Provinsi Mahasarakam, Thailand
Abstract
Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan mengenai bagaimana menulis artikel jurnal internasional bagi dosen dan mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di salah satu universitas di Provinsi Mahasarakam, Thailand. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah studi kasus melalui teknik observasi. Partisipan dalam kegiatan ini adalah dosen dan mahasiswa Pendidikan IPA di salah satu universitas di Mahasarakam, Thailand. Hasil yang diperoleh adalah terdapat 8 tips menulis naskah yang baik terdiri dari: (1) Judul: Harus menarik, baru dan berdampak global; (2) Abstrak: Harus mencakup tujuan, metode, hasil utama, dan kesimpulan. Selain itu, lebih baik untuk menambahkan rekomendasi untuk mendapatkan dampak yang lebih besar. Rekomendasi dapat ditambahkan di bagian akhir abstrak; (3) Pendahuluan harus dimulai dengan variabel dan mencakup penelitian sebelumnya untuk mendapatkan kesenjangan penelitian dan menyatakan tujuan; (4) Metode harus komprehensif; (5) Hasil dan Pembahasan harus jelas dan membahas tujuan; (6) Kesimpulan harus membahas tujuan; (7) Ucapan terima kasih bersifat opsional dan dapat mengakui lembaga yang mendanai penelitian; dan (8) Referensi harus terdiri dari 40-60 artikel jurnal internasional. Selain itu, terdapat beberapa mesin pengindeks populer seperti Scopus, WoS, ERIC, Index Copernicus International, ERIH PLUS, dan DOAJ. Dapat disimpulkan bahwa terdapat 8 tips menulis artikel jurnal internaional yang dapat dilakukan dan terdapat beberapa mesin indeksasi jurnal yang popular. Direkomendasikan dosen dan mahasiswa pendidikan IPA di Thailand maupun Indonesia atau negara lainnya menggunakan teknik penulisan artikel jurnal internasional yang dipaparkan dalam kegiatan ini untuk memperbanyak tulisan di jurnal internasional dalam rangka menyebarluaskan temuan-temuan dari hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azizah, U. A., & Budiman, A. (2017). Challenges in Writing Academic Papers for International Publication among Indonesian Graduates Students. JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies), 4(2), 175-197.
Bajwa, S. J. S., & Sawhney, C. (2016). Preparing Manuscript: Scientific Writing for Publication. Indian Journal of Anaesthesia, 60(9), 674-678.
Bell, J. (2014). Doing Your Research Project: A guide for first-time researchers. McGraw-hill education (UK).
Cennetkuşu, N. G. (2017). International Students’ Challenges in Academic Writing: A Case Study from A Prominent US University. Journal of Language and Linguistic Studies, 13(2), 309-323.
Fry, G. W. (2018). Education in Thailand (pp. 677-709). Springer.
Gastel, B., & Day, R. A. (2022). How to Write and Publish A Scientific Paper. Bloomsbury Publishing USA.
Gopen, G. D., & Swan, J. A. (2018). The Science of Scientific Writing. American Scientist, 78(6), 550-558.
Hasugian, P. M. (2023). Pengembangan Jurnal Ilmiah Online pada Sekolan Tinggi Teologia Bethel Medan. Multidisiplin Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 63-66.
Hunt, H., Pollock, A., Campbell, P., Estcourt, L., & Brunton, G. (2018). An introduction to overviews of reviews: planning a relevant research question and objective for an overview. Systematic reviews, 7, 1-9.
Jasiyah, R., Saifullah, S., Hasnah, S., Waangsir, F. W., Dewi, R. A. P. K., & Marpaung, M. P. (2023). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks Scopus. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7687-7692.
Jongbloed, B., Enders, J., & Salerno, C. (2008). Higher Education and Its Communities: Interconnections, Interdependencies and A Research Agenda. Higher Education, 56, 303-324.
Marginson, S. (2014). Russian Science and Higher Education in A More Global Era. Вопросы Образования, (4).
Masniah, S. (2021). Students Perception of Scientific Writing Class on Their Learning Gains (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).
Noviandari, H. (2024). Optimalisasi Kinerja Publikasi Institusi Melalui Pengelolaan Jurnal Ilmiah Bereputasi. Lentera Salam Institute, 1(1), 32-43.
Phothongsunan, S. (2016). Thai University Academics' Challenges of Writing for Publication in English. Theory and Practice in Language Studies, 6(4), 681.
Polanin, J. R., Pigott, T. D., Espelage, D. L., & Grotpeter, J. K. (2019). Best practice guidelines for abstract screening large‐evidence systematic reviews and meta‐analyses. Research Synthesis Methods, 10(3), 330-342.
Pranckutė, R. (2021). Web of Science (WoS) and Scopus: The Titans of Bibliographic Information in Today’s Academic World. Publications, 9(1), 12.
Riadi, S., Pasaribu, A. P., & Sirait, F. P. (2022). Publikasi Ilmiah Pustakawan (Kontribusi pada Pengembangan Karir) di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Teknologi Kesehatan dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 4(1), 494-497.
Sarimanond, R., & Viriyavejakul, C. (2021, July). A Study on the Education and Modernization of Basic Education in the Northeast of Thailand. In EdMedia+ Innovate Learning (pp. 843-849). Association for the Advancement of Computing in Education (AACE).
Simon, U. K., Steindl, H., Larcher, N., Kulac, H., & Hotter, A. (2016). Young Science Journalism: Writing Popular Scientific Articles May Contribute to An Increase of High- School Students’ Interest in the Natural Sciences. International Journal of Science Education, 38(5), 814-841.
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of business research, 104, 333-339.
Wakeling, S., Spezi, V., Fry, J., Creaser, C., Pinfield, S., & Willett, P. (2019). Academic communities: The role of journals and open-access mega-journals in scholarly communication. Journal of Documentation, 75(1), 120-139.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/dinamika.v11i2.30039
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Dinamika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.