LEMBAR KERJA EKSPLORATIF DAN PERTANYAAN TINGKAT TINGGI : PEMBERDAYAAN PADA KELOMPOK MGMP MATEMATIKA KOTA SERANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA

Hepsi Nindiasari Hepsi, Novaliyosi Novaliyosi, Aan Subhan Pamungkas, Indhira Asih, Etika Khaerunnisa

Abstract


Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan guru matematika SMP di Kota Serang dalam merancang lembar kerja eksploratif, pertanyaan tingkat tinggi, yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswanya. Oleh karenanya diperlukan kegiatan pelatihan merancang dan pendampingan dalam aktivitas Ipteks Bagi masyarakat. Luaran yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah, guru matematika  mampu merancang lembar kerja eksploratif, pengajuan pertanyaan tingkat tinggi, serta merancang skenario pembelajaran yang aktif berbasis lembar kerja tersebut. Lembar kerja eksplorasi adalah lembar kerja yang jawabannya menuntut siswa untuk melakukan penyelidikan, percobaan, mencari informasi. Alat peraga manipulatif adalah alat peraga  yang memfasilitasi siswa memahami konsep matematika dengan bantuan aktivitas tangan untuk memanipulasi objek-objek, pengajuan pertanyaan tingkat tinggi meliputi pengajuan produktif, terbuka, eksploratif, dan imajinasi. Kegiatan ini dilakukan dengan metode sosialisasi skala kecil, pendampingan, dan sosialisasi skala besar. Pada  pendampingan skala kecil, guru-guru telah memahami  dan mampu merancang LK eksploratif dalam kategori baik. Pada sosialisasi peserta guru aktif mengikuti kegiatan yang meliputi berdiskusi, memanfaatkan media, dan berkomunikasi. Kegiatan tersebut dalam kategori baik. Pemahaman peserta termasuk kategori sangat baik setelah mendpatakan sosialisasi tentang Lembar Kerja Eksploratif dan Pengajuan Pertanyaan tingkat tinggi. Begitupula dengan rancangan lembar kerja eksploratif telah dikembangkan dengan baik

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.62870/dinamika.v4i1.8740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Dinamika