PEMANFAATAN GOLDEN MELON SEBAGAI PRODUK UNGGULAN YANG BERNILAI EKONOMIS, EKOLOGI, SOSIAL DAN BUDAYA MASYARAKAT DI PROVINSI BANTEN

Intan Purbasari, Ranthy Pancasasti, H. Alief Maulana

Abstract


Pada jangka pendek tujuan dari pengabdian pada masyarakat (ppm) ini untuk: (1) menciptakan strategi menjadikan golden melon sebagai produk unggulan, dan (2) mengadakan pelatihan kepada masyarakat tentang teknik untuk membudidayakan golden melon yang benar dengan pemanfaatan pupuk organik hasil konversi limbah/ kotoran kambing khas Banten. Metode/pendekatan yang digunakan adalah metode/pendekatan eksperimen dan Focus Group Discussion (FGD) dengan alat analisis Descriptive dan SWOT Analysis. Hasil dari ppm ini adalah: (1) terciptanya strategi menjadikan golden melon sebagai produk unggulan, dan (2) adanya pelatihan kepada masyarakat tentang teknik untuk membudidayakan golden melon yang benar dengan pemanfaatan pupuk organik hasil konversi limbah/ kotoran kambing khas Banten.
Kata Kunci: Golden Melon, Produk Unggulan, Bernilai Ekonomis, Ekologi, Sosial Dan Budaya Masyarakat


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.62870/dinamika.v5i1.8746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Dinamika