PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF PADA GURU DI SMP KABUPATEN SERANG

Hepsi Nindiasari, Novaliyosi Novaliyosi, Aan Subhan Pamungkas

Abstract


Tujuan dan target khusus dalam kegiatan Ipteks Bagi Masyarakat ini adalah meningkatkan keterampilan guru-guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir reflektif khususnya berpikir reflektif matematis melalui pengembangan lembar kerja dan mampu mengimplementasikan pembelajaran berbasis reflektif. Metode yang dikembangkan adalah dengan melakukan sosialisasi dan pendampingan, sehingga guru-guru dapat membuat lembar kerja dan mengimpelementasikan pembelajaran berbasis reflektif. Masyarakat yang diberikan ipteks adalah daerah Kabupaten Serang yang guru-gurunya belum mengembangkan kemampuan berpikir refektif. Kegitan awal pengabdian ini, telah dihasilkan draft bahan pelatihan dan uji coba bahan pelatihan. Kegiatan akhir yaitu dilakukan sosialisasi dalam skala besar, dihasilkan terdapat peningkatan kemampuan pengetahuan tentang kemampuan berpikir reflektif yaitu sebesar 51,85, atau dengan menggunakan rumus gain ternomalisasi sebesar 1,99. Gain ini tergolong tinggi. Aktivitas kegiatan ini berdasarkan pengamatan tergolong baik.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.62870/dinamika.v5i1.8747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Dinamika