TRADISI PONDOK PESANTREN DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL PADA SANTRI
Abstract
TRADISI PONDOK PESANTREN DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL PADA SANTRI
Ervin Canda Rinaningtyas, Amin Yusuf
Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
[email protected], [email protected]
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini yaitu, mendiskripsikan tradisi pondok pesantren, metode, nilai-nilai moral serta faktor pendorong dan faktor penghambat penanaman nilai-nilai moral pada santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari pengasuh, pengurus, dan santri di Pondok Pesantren Al-Muayyad Surakarta. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan, tradisi pondok pesantren dalam penanaman nilai-nilai moral di Pondok Pesantren Al-Muayyad yaitu tradisi musyawarah dan bahtsul masail, tradisi setoran dan lalaran, tradisi mayoran, tradisi ro’an, tradisi menulis dengan pen tul dan tinta bak, tradisi penulisan huruf pegon, tradisi tirakat. Nilai-nilai moral yang ditanamkan kepada santri yaitu nilai agama atau religius, nilai cinta tanah air, nilai kasih sayang, nilai cinta damai, nilai toleransi, nilai kesetaraan, nilai musyawarah, nilai kerjasama, nilai kepedulian, nilai tanggung jawab, nilai penghargaan, nilai kemandirian, nilai kesungguhan, nilai kejujuran, nilai rendah hati, nilai kesabaran. Metode penanaman nilai-nilai moral yang digunakan yaitu, metode pengajaran, metode keteladanan, metode pembiasaan, metode pemberian motivasi, metode penegakan aturan, metode pengawasan. Faktor pendorong dan faktor penghambat yaitu dipengaruhi dalam diri santri, kompetensi tenaga pendidik, hubungan antara pengelola, pengurus, dan santri, fasilitas, kegiatan santri, lingkungan, dukungan orang tua, dan teman sepermainan. Pondok Pesantren Al-Muayyad telah menanamkan nilai-nilai moral pada santri yang bertujuan untuk membentuk santri menjadi pribadi yang memiliki dasar Al-Quran, berilmu pengetahuan, berjiwa mandiri dan mempunyai kecakapan dasar untuk memimpin organisasi.
Kata kunci: pendidikan moral, pondok pesantren
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Al Husna, Ika, Maulida., Atmaja, Hamdan, Tri., Bain. 2017. Peran Pondok Pesantren Al-Fatah Parakancanggah dalam Perkembangan Pendidikan dari Tradisional Menuju Modern di Kabupaten Banjarnegara Tahun 1941-1992. Jurnal of Indonesian History. Volume 6 No. 1. Semarang: Universitas Negeri Semarang. ISSN 225-6633.
Effendi, Muslikhin. 2017. Ini Dia “Mayoran” Tradisi Unik, Makan Bareng Ala Santri di Pondok Pesantren Annur Malang. https://www.gosumbar.com/berita/baca/2017/02/11/ini-dia-mayoran-tradisi-unik-makan-bareng-ala-santri-di-pondok-pesantren-annur-2-malang. (Diunduh tanggal 8 Agustus 2019).
Halstead, J. Mark. 2007. Islamic Values: A Distinctive Framework for Moral Education. Jurnal Of Moral Education. Volume 36. No. 3
Ibrahim, Rustam. 2015. Bertahan Di Tengah Perubahan: Pesantren Salaf, Kiai, dan Kitab Kuning. Yogyakarta: SiBuku.
Kahar, Syadidul., Barus Muhammad Irsan., Wijaya, Candra. Peran Pesantren dalam Membentuk Karakter Santri. Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya, Volume 04 No. 02. Hal 170-178. ISSN 2460-4585 (Print), ISSN 2460-4593 (Online).
Khoiria, Siti. 2018. Sistem Pengawasan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Pondok Pesantren Darul Ad’iyyah Kaliasin Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan. Skripsi. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. UIN Raden Intan. Lampung
Komariah, Kokom St. 2011. Model Pendidikan Nilai Moral Bagi Para Remaja Menurut Prespektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, Volume 9 No. 1. Hal 46 Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Kusumawati, Rizky Dwi. 2015. Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Askhabul Kahfi Semarang. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Moleong, L. J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhakamurrohman, Ahmad. 2014. Pesantren: Santri, Kiai, dan Tradisi. Jurnal Kebudayaan Islam, Volume 12 No. 2. Hal 109-118. ISSN 1693-6736.
Nurhalim, Khomsun. 2017. Pola Penanaman Nilai-Nilai Moral Religius di TKIT Arofah 3 Bade Kalego Boyolali. Jurnal Pendidikan Non Formal, Volume 3 No. 1. Hal 53-59. Semarang: Universitas Negeri Semarang. E-ISSN 2528-4541.
Pertiwi, Septi. 2014. Pola Pegasuhan Untuk Mengembangkan Karakter Anak (Studi Kasus di Yayasan Tunas Rajawali Kota Semarang). Jurnal of Non Formal Eduation and Community Empowerment, Volume 3 No. 1. Semarang. Universitas Negeri Semarang. ISSN 2252-6331.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumardi, Kamin. 2012. Potret Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Salafiah. Jurnal Pendidikan Karakter, Volume 2 No.3.
Sutrisno. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta. Jurnal Pendiidkan Luar Sekola, Volume VI No. 5. Hal 509-525. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Tamam, Baddrut. 2015. Pesantren Nalar dan Tradisi: Geliat Santri Menghadapi ISIS, Terorisme dan Transnasionalisme Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Undang-Undang RI No 2 Tahun 1989 Bab II Pasal 4 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wahidah, Evita Yuliatul. 2015. Studi Implementasi Tradisionalisasi dan Moderenisasi Pendidikan di Pondok Pesantren. Jurnal Muaddib, Volume 05 No. 02. ISSN 2088-3390.
Waskito, Phutut., Wicaksono, Juniaris Agung., Mahmudinata, Ady Alfan. 2016. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Tradisi Pesantren di Pondok Modern Darussalam Gontor. Jurnal El-Tarbawi, Volume IX No. 2. Hal 135-162. ISSN 1979998-5.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v6i1.11420
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung