IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL AKAR ALANG-ALANG DI KELOMPOK WANITA TANI (KWT) MAJU RAHAYU KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG

Popon Aryani Sapitri & Liliek Desmawati

Abstract


IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL AKAR ALANG-ALANG DI KELOMPOK WANITA TANI (KWT) MAJU RAHAYU KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG

 

Popon Aryani Sapitri*, Liliek Desmawati

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

poponaryani@gmail.com

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: implementasi pendidikan kecakapan hidup berbasis keunggulan lokal, hasil pendidikan kecakapan hidup berbasis keunggulan lokal, faktor pendukung dan penghambat pendidikan kecakapan hidup berbasis keunggulan lokal, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek pada penelitian ini terdiri dari 3 orang pengelola KWT, 3 orang anggota KWT dan Kepala Desa Kalikurmo. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: implementasi pendidikan kecakapan hidup berbasis keunggulan lokal meliputi tahap perencanaan dan tahap pelaksanaan, hasil pendidikan kecakapan hidup berbasis keunggulan lokal adalah pengetahuan, keterampilan, kemandirian dan kemampuan menyesuaikan diri dan bekerjasama.  Faktor pendukung yaitu kekeluargaan yang erat antar anggota, kepercayaan pihak kecamatan serta produk yang unik. Faktor penghambat yaitu kesibukan anggota, pemasaran dan pendanaan.

 

Kata Kunci: Pendidikan Kecakapan Hidup, Keunggulan Lokal, Alang-alang, Kelompok Wanita Tani.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Akter, S., Rutsaert, P., Luis, J., Htwe, N. M., San, S. S., Raharjo, B., & Pustika, A. (2017). Women’s empowerment and gender equity in agriculture: A different perspective from Southeast Asia. Journal Food Policy Vol. 69 , 270-279.

Anwar. (2015). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education). Bandung: Alfabeta.

Anwas, O. M. (2014). Pemberdayaan Masyarakat di Era Global. Bandung: Alfabeta

Ariani, N., Afwandi, D., & Juliana, Sari. (2016). Pelatihan Pemanfaatan Akar Alang-alang Menjadi Produk Olahan Sirup & Bahan Campuran Pembuatan Kertas Daur Ulang di Desa Bandar Khalifah. PKMM.

Asmani, J. M. (2012). Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Yogyakarta: Diva Press.

Baruwadi, D. (2012). Penyelenggaraan Pendidikan Kecakapan Hidup Dalam Peningkatan Kemandirian Pemuda. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Vol. 8, No. 1, 2.

Budiman, M. A. (2013). Pemberdayaan Wanita Tuna Susila (WTS) Melalui Kecakapan Hidup (Life Skill) Keterampilan Salon Tata Kecantikan

Ervinawati, V., Fatmawati, & Lestari, E. I. (2015). Peranan Kelompok Wanita Tani Perdesaan Dalam Menunjang Pendapatan Keluarga . Jurnal Tesis PMISUNTAN-PSS-2015 , 1.

Fujiyanto, Z., Prihastanti, E., & Haryanti, S. (2015). Karakteristik Kondisi Lingkungan, Jumlah Stomata, Morfometri, Alangalang. Buletin Anatomi dan Fisiologi Vol. XXIII No. 2, 49.

Haji, T. M., Shahram, M., & Hahtami, M. (2011). The Effectiveness of life skills training on happiness, quality of life and emotion regulation. Procedia - Social and Behavioral Sciences 30 (2011) 407 – 411, 408.

Kartikasari, S. D., Nurhatika, S., & Muhibuddin, A. (2013). Potensi Alang-alang (Imperata cylindrica (L.) Beauv) dalam Produksi Etanol Menggunakan Bakteri Zymomonas mobilis . Jurnal Sains dan Seni Pomits Vol. 2, No.2, 127.

Kemendiknas. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Undang-undang nomor 20 pasal 3.

Kurdi, A. (2010). Tanaman Herbal Indoesia : Cara Mengolah dan Manfaatnya Bagi Kesehatan. Tanjung: SMKN 1 Tanjung.

Lutfiyah. (2013). Pemberdayaan Wanita Berbasis Potensi Unggulan Lokal. SAWWA, Vol. 8 No. 2, 217-2018.

Mawardi, I. (2012). Pendidikan Life Skills Berbasis Budaya Nilai-nilai Islami dalam Pembelajaran . Jurnal Pendidikan Islam Vol. 6, Nomor 2 ISSN 19791739 , 216.

Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mujakir. (2012). Pengembangan Life Skills Dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA , 3.

Saat, S. (2015). Faktor-Faktor Determinan dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna dan Kedudukannya dalam Pendidikan). Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2, 10.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Satori, D., & Riduwan. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Winarni, E. W., Utami, D. S., & Prihatiningsih, N. (2017). Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Melalui Optimaliasi Pemanfaatan Pekarangan dengan Budiaya Sayuran Organik Dataran Rendah Berbasis Kearifan Lokal dan Berkelanjutan. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat ISSN: 2549-8347 (Online), ISNN: 2579-9126 (Print) Volume 1 No. 2 , 149.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v6i1.11421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung