PERAN “RUMAH BACA TAMAN SEKAR” DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI ANAK MELALUI LOMBA MENULIS SURAT

Nani Sintiawati

Abstract


PERAN “RUMAH BACA TAMAN SEKAR” DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI ANAK MELALUI LOMBA MENULIS SURAT

 

Nani Sintiawati

Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Nusantara

nanisintiawati@uninus.ac.id

 

ABSTRAK

Membaca dan menulis belum menjadi kebutuhan hidup dan belum menjadi budaya bangsa Indonesia. Minimnya budaya baca di Indonesia dikarenakan lemahnya literasi pada anak, hal itu menyebabkan Sumber Daya Manusia bangsa ini tidak kompetitif karena kurangnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hadirnya Rumah Baca Taman Sekar Bandung (RB TSB) menjadi sebuah solusi bagi anak-anak wilayah perkotaan yang memiliki minat baca rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) peran RB TSB Mengembangkan Literasi Anak Melalui Lomba Menulis Surat; (2) faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi RB TSB Mengembangkan Literasi Anak Melalui Lomba Menulis Surat. Metode penelitian yang dipakai adalah metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam dan menggali informasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa RB TSB berperan mengembangkan literasi anak melalui perlombaan menulis surat dalam kegiatan Pesta Literasi. Dengan kegiatan menulis surat, hal tersebut dapat meningkatkan literasi membaca dan menulis, hal tersebut termasuk ke dalam kategori literasi fungsional. Adapun Faktor pendukung dalam pelaksanaan pengembangan literasi melalui lomba menulis surat adalah tingginya minat anak-anak dalam pelaksanaan kegiatan serta memberikan nilai manfaat bagi anak-anak. Sedangkan faktor penghambatnya adalah masa pandemi yang menyebabkan kurang maksimalnya penyebaran informasi dan sosialisasi kegiatan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kegiatan literasi yang dikemas menarik, melalui program-program yang dihadirkan RB TSB memiliki nilai manfaat yang baik bagi anak-anak juga masyarakat sekitar.

 

Kata-kata kunci: rumah baca, literasi anak, menulis surat


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Internet, Buku Online, Buku, Artikel:

Abdullah, N. N., & Nasionalita, K. (2018). Pengaruh Sosialisasi Terhadap Pengetahuan Pelajar Mengenai Hoax. Channel, 6(1), 120–130.

Andina, E. (2016). Memotivasi minat baca. Majalah INFO Singkat Kesejahteraan Sosial (Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis), VIII(22), 9–12.

Basalamah, M. R., Rizal, M., & Efendi, E. (2020). Penyediaan Rumah Baca Masyarakat Sebagai Solusi Cerdas Mengawali Budaya Membaca. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 36–42.

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330.

Farihatin, A. R. (2013). Kegiatan Membaca Buku Cerita dalam Pengembangan Kemampuan Literasi Dasar Anak Usia Dini (pp. 1–7).

Holik, A. (2013). Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sudut Baca Soreang dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat di Kabupaten bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 50–56.

Inten, D. N. (2017). Peran Keluarga dalam Menanamkan Literasi Dini pada Anak. Jurnal Golden Age, 1(1), 23–32.

Jene, O. C., B, Y., & Rohmiyati, Y. (2013). Peran Taman Bacaan Masyarakat dalam Menumbuhkan Budaya Baca Anak di Taman Bacaan Masyarakat “MORTIR” Banyumanik-Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2), 1–10.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal, D. P. P. M. (2013). NSPK (Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria Petunjuk Teknis Pengajuan, Penyaluran, dan Pengelolaan Bantuan) Taman Bacaan Masyarakat Rintisan.

Lutfi, Sumardi, A., Farihen, & Ilmia, G. (2020). Pendampingan Kegiatan Membaca untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–5.

Maharani, O. D., Laksono, K., & Sukartiningsih, W. (2017). Minat Baca Anak-anak di Kampoeng Baca Kabupaten Jember. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1), 320–328.

Marwiyati, S., & Hidayatulloh, M. A. (2018). Peran “ Cakruk Baca Bergerak ” Dalam Pengembangan Literasi Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 61–77.

Maulida, R. R. (2017). Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Warabal dalam Mengembangkan Minat Baca Anak Melalui Pendar dan Dongeng.

Misriyani, M., & Mulyono, S. E. (2019). Pengelolaan Taman Baca Masyarakat. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 160–172. https://doi.org/10.15294/pls.v2i1.23448

Mustangin. (2018). Peningkatan minat baca dan kemampuan berbahasa inggris anak di rumah baca bandung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran PPs Universitas Pendidikan Ganesha, 2(2), 133–141.

Oktavia, T. (2011). Peran Serta Strategi Sistem Informasi Terhadap Keberhasilan Penerapan Teknologi Informasi Perusahaan. ComTech, 2(1), 42–51.

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun

Putu, I. P., Daytona, B., Suniasih, N. W., Bagus, I., & Manuaba, S. (2020). Determinasi Motivasi Belajar dan Dukungan Orang Tua Terhadap Minat Baca. International Journal of Elementary Education, 4(1), 26–34.

Saepudin, E., Sukaesih, & Rusmana, A. (2017). Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bagi Anak-anak Usia Dini. Jurnal Kajian Informasi & Perpusatkaan, 5(1), 1–12.

Setyawatira, R. (2003). Kondisi Minat Baca Di Indonesia. In Media Pustakawan (pp. 28–33).

Solihat, I., & Riansi, E. S. (2018). Literasi Cerota Anak dalam Keluarga Berperan Sebagai Pembelajaran Pembentuk Karakter Anak Sekolah Dasar. JPSD, 4(2), 258–271.

Surat Edaran Kemendikbud No. 4 Tahun 2020. Pelaksanaan KebijakanPendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Viru Disease Covid 19.

Surya, S., & Lubis, I. S. (2019). Studi kasus tentang minat baca anak. Seminar Bahasa, Sastra, Dan Seni, 524–541.

Syahyudin, D. (2019). Pengaruh Gadget terhadap Pola Interaksi Sosial dan Komunikasi Siswa. GUNAHUMAS: Jurnal Kehumasan, 2(1), 272–282.

Teguh, M. (2013). Gerakan literasi sekolah dasar. Aktualisasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah Untuk Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berbudi Pekerti, 18–26.

Widiyana, D., Siswoyo, M., & Nurfalah, F. (2020). Pengaruh Sosialisasi Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun Terhadap Partisipasi Masyarakat dalam Bidang Pendidikan di Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Jurnal Publika Unswagati Cirebon, 8(1), 42–52.

Widyastuti, A. (2017). Peningkatan Literasi Anak Usia 4-6 Tahun Melalui Bahan Ajar Membaca, Menulis, dan Berhitung Untuk Guru TK di Kecamatan Cinere dan Limo Depok. ABDIMAS TALENTA, 2(2), 100–108.

Winoto, Y., & Sukaesih. (2019). Studi Tentang Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyelenggaraan Perpustakaan Desa dan Taman Bacaan Masyarakat. Journal of Library and Information Science, 9(1), 79–94. https://doi.org/10.17509/edulib.v9i1.16170

Yanto, A., Rodiah, S., & Lusiana, E. (2016). Model Aktivitas Gerakan Literasi Berbasis Komunitas di Sudut Baca Soreang. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 2(1), 107–118.

Zuhri, A. (2020). Instagram, Pandemi dan Peran Influencer (Analisis Wacana Kritis pada Postingan Akun Instagram @najwashihab dan @jrxsid). Academic Journal of Da’wa and Communication, 1(2), 352–382.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v6i1.11424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung