IMPLEMENTASI METODE PARTICIPATORY LEARNING AND ACTION (PLA) OLEH AGEN PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KELURAHAN PIPITAN KECAMATAN CIKANDE KABUPATEN SERANG

Muhamad Perdiansyah, Ila Rosmilawati, Dadan Darmawan

Abstract


IMPLEMENTASI METODE PARTICIPATORY LEARNING AND ACTION (PLA) OLEH AGEN PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KELURAHAN PIPITAN KECAMATAN CIKANDE KABUPATEN SERANG

 

Muhamad Perdiansyah, Ila Rosmilawati, Dadan Darmawan

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten

2221170037@untirta.ac.id, Irosmilawati@untirta.ac.id, dadan.darmawan@untirta.ac.id

 

 

ABSTRAK

Tujuan dari pemebuatan skripsi ini adalah untuk (1) mengtahui tahapan-tahapan metode PLA pada program PKH di Kecamatan Cikande. (2) untuk mengetahui gamabran proses pembelajaran yang berlangsung menggunakan metode PLA pada program PKH Kecamatan Cikande. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sumber data yang diguankan adalah sumber data sekuder dan juga sumber data primer, sumber data sekunder merupakan data-data dari program PKH itu sendiri, dan sumber data primer merupakan sumber data yang didapatkan dari hasil wawancara dengan 3 orang pendamping dan 7 orang KPM. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 3, yaitu wawancara, observasi dan terkahir doukementasi, Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini juga ada 3 yaitu, reduksi data, display data, dan terkahir kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini mennujukan bahwa (1) Tahapan metode PLA pada program PKH kecamatan Cikande, dilakukan oleh agen pendamping sistematis seuai dengan urutan dari masing-masing tahapan tersebut, dan setiap tahapannya menunjukan hasil yang baik dan terlihat bahwa KPM terlibat aktif dalam setiap tahapannya. Selanjutnya (2) Gamabaran proses belajar masyarakat menggunakaan metode PLA ini mennjukan hasil yang baik juga, dimana setiap proses diikuti oleh para KPM hingga selesai dan Pendamping menjadi fasilitator yang memfaasilitasi setiap kebutuhan para KPM terhadap program PKH di Kecamatan Cikande ini. Serta proses belajar menggunakan metode PLA ini sangatalah efektif untuk membentuk KPM yang mandiri dan sejahtera.

 

Kata Kunci : Pendamping, Program Keluarga Harapan, Partcipatory Learning and Action


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Dedek Kusnadi. (2015). Pengambilan keputusan dalam perilaku organisasi, Jurnal Ilmiah, 15(2).

Jumrana. (2015). Fasilitator dalam komunikasi pemberdayaan masyarakat, Jurnal ilmu Komunikasi, 8(1).

Kamil, Mustofa. (2010). Pendidikan Nonformal Pengembangan Melalui Pusat Kegiatan Belajar (PKBM) di Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Kemensos RI. (2013). “Pedoman Operasional PKH Bagi Pemberi Pelayanan pendidikan”. Jakarta : Indonesia (hlm 17)

Kemensos RI. (2013). “Pedoman Operasional PKH Bagi Pemberi Pelayanan pendidikan”. Jakarta : Indonesia (hlm 17)

Kemensos RI. (2013). “Pedoman Operasional Sistem Pengaduan Masyarakat PKH”. Jakarta : Indonesia. (hlm 1-5)

Onong Uchjana Effendy, Human Relation dan Public Relations, Penerbit Mandar Maju. Bandung.

Prihadhi, Endra K. My Potensi.Jakarta: Elek Media Komputindo, 2004

Sam (2012). Pengaruh sosial ekonomi orang tua dan fasilitas belajar peserta didiki, Jurnal sosial.

Sarwono (2009). Pembentukan Kelompok Belajar dan sosial, Jurnal Sosial,

Siswi Desi. (2018). Pengaruh metode participatory learning and action (pla) pada suami dalam meningkatkan dukungan peduli asi dan breastfeeding self efficacy. Surabaya. Universitas Airlannga.

Suripan, Sucipto. (2017). Pendampingan penyusunan program pengembangan desa Laboratorium, Jurnal Sosial, 1(1), 87-9




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v6i1.11426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung