PARTISIPASI DAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BINAAN PEREMPUAN BELAJAR PEREMPUAN TERHADAP PELAKSANAAN PENDIDIKAN LIFE SKILL MERAJUT DI RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS IIB KOTA SERANG
Abstract
PARTISIPASI DAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BINAAN PEREMPUAN BELAJAR PEREMPUAN TERHADAP PELAKSANAAN PENDIDIKAN LIFE SKILL MERAJUT DI RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS IIB KOTA SERANG
Karmilah, M. Syadeli Hanafi, Ino Sutisno Rawita
Pendidikan Nonformal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
[email protected] , [email protected] , [email protected]
ABSTRAK
Tujuan dari pembuatan skripsi ini adalah untuk (1) Partisipasi narapidana perempuan terhadap pelaksanaan pendidikan life skill merajut di RUTAN Kelas IIB Kota Serang, (2) Motivasi narapidana perempuan terhadap pelaksanaan pendidikan life skill merajut di RUTAN Kelas IIB Kota Serang, (3) Hasil pelaksanaan pendidikan life skill merajut terhadap peningkatan keterampilan narapidana perempuan di RUTAN Kelas IIB Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sumber data yang digunakan yaitu sumber data sekunder dan sumber data primer, sumber data sekunder merupakan data beberapa hasil laporan perkembangan keahlian warga binaan perempuan baik tertulis maupun langsung, artikel-artikel dan penelitian-penelitian pemberdayaan warga binaan perempuan yang serupa dan sumber data primer merupakan data yang diperoleh dari wawancara dengan 2 orang warga binaan perempuan, 2 orang instruktur dan 1 orang pembina. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan yaitu, tahap orientasi, tahap eksplorasi dan tahap member check. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Partisipasi belajar terhadap pendidikan life skill merajut benar-benar dilaksakan dengan makimal, keterlibatan langsung warga binaan perempuan dalam belajar sudah sangat tercapai, begitupun (2) Motivai belajar baik intrinsik ataupun ekstrinsik keduanya benar sangat berpengaruh terhadap hasil pendidikan dan tercapai secara maksimal, selanjutnya (3) Hasil pendidikan life skill terhadap peningkatan keterampilan warga binaan perempuan terlihat sangat tercapai dengan dibuktikan adanya pencapaian baik kecakapan personal, sosial dan vokasional. Selain itu juga warga binaan perempuan sudah sangat menyadari tentang pentingnya mengikuti pendidikan life skill merajut.
Kata Kunci : Partisipasi dan Motivasi Belajar, Narapidana, Pendidikan Life skill
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Azis Ayu Lestari. (2017). “Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis Kelas X Peserta Didik Kelas X di Smkn 4 Makassar”. Universitas Negeri Makassar.
Fauziah Lisa, Bagian Sekretaris Rutan Kelas IIB Kota Serang, diwawancarai oleh Karmilah pada tanggal 20 Februaru 2021.
Firmansyah Beril. (2018). Model Pendidikan Nonformal Lembaga Bimbingan Belajar Mentari Ilmu 3 di Kecamatan Sukun Kota Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Handayani Octavia Sri. (2010). “Pelaksanaan Pembinaan Narapidana Dalam Rangka Mencegah Pengulangan Tindak Pidana (Recidive) di Lapas Kelas II A Sragen. Penulisan Hukum. Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Jacobus, dkk. (2018). “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemiskinan Rumah Tangga di Sulawesi Utara”. Fakultas Ekonomi Dan Binis, Magister Ilmu Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi, Manado. Jurnal Pembanguan Ekonomi Dan Keuangan Daerah Vol.19 No.7. Hal,1-4
Masiah, Siti Rabiatul A. (2020). Pelatihan Kerajinan Tas Rajut Bagi Remaja Putri di Desa Mambalan-Selaparang. Program Studi Pendidikan Biologi, Fstt, Universitas Pendidikan Mandalika, Mataram, Indonesia. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. Volume 3, Nomor 2. Hal,2
Rachmawati Watie. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt Bank Bjb Kantor Cabang Suci Bandung. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa. 9(1), 3-3.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta.
https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/07/15/1744/persentase-penduduk-miskin-maret-2020-naik-menjadi-9-78-persen.html) Diakses tanggal 15 Desember 2020
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v6i1.11427
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung