EVALUASI MODEL PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI PADA BEBERAPA TK DI KOTA SEMARANG

Utsman Utsman

Abstract


EVALUASI MODEL PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI PADA BEBERAPA TK DI KOTA SEMARANG

 

  Utsman

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Semarang (Unnes)

utsman@mail.unnes.co.id

 

Abstraks

 

 

               Penelitian ini tujuannya untuk mengetahui model pengembangan kreativitas anak usia dini di beberapa TK di kota Semarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara, dokumen, dan observasi sebagai metode pokok dalam menggali informasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Pengembangan kreativitas dalam berbahasa pada anak-anak usia dini di TK   tidak   menggunakan waktu  secara khusus, namun dilakukan terintegrasi  dengan pengembangan ranah kognitif, ssial emosional,   dan psikomotor.  Anak berkembang secara alami dalam berbahasa ketika pembelajaran berlangsung, (2) Pengembangan kreativitas seni   menggambar  tidak   menekankan pada kecepatan dalam menggambar, namun lebih menekankan pada kerapian dan keindahan. Umumnya anak-anak diminta untuk menggambar atau mewarnai gambar tertentu tanpa diberikan bimbingan kearah kreatif, dan (3) Kreativitas personal  yang terjadi pada anak-anak TK telah dikembangkan oleh para guru TK,  dan mereka umumnya mengembangkannya melalui berbagai kegiatan anak antara lain kegiatan melipat kertas, berceritera, menyusun balok, dan pazzle.  Atas dasar temuan-temuan tersebut disarankan: (1) Guru hendaknya dalam pembelajaran mengintegrasikan berbagai pengembangan kreativitas anak sesuai dengan potensi yang mereka miliki, dan guru harus juga mengenali semua potensi yang dimiliki oleh anak, dan (2)  Guru perlu memperbanyak pengetahuan tentang cara-cara mengembangkan kreativitas anak.

                                                     

 

Kata kunci: Pengembangan; Kreativitas, Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Aldous, Carol R. (2005). Creativity in problem solving: Uncovering the origin of new idea. Shannon Research Press: International Educational Journal, 2005, 5(5), 43-56.

Angeloska-Galevaka, Natasa. (1996). children’s creativity in preschool institution in macedonia. http://www.fastweb.htm

Abdulhak, I. (2002). Makalah kebijakan: pendidikan anak usia dini, sekolah dasar dan pendidikan luar sekolah, Jakarta : Balitbang Depdiknas.

Beghetto, Ronal A. (2005). Does assessement kill creativity? The Educationa Forum. West Lifayette:Spring 2005.Vol 69,lss.3;pg 254, 10 pgs

Bishop, julia C & Curtis Mavis. (2001). Play today in primary school layground: life, learning and creativity. Buckingham and Philadelpia: Open University Press

Crim, Courtney. (2006). Raising the creative child. Parenting for High Potential; juni 2006; ProQuest Education Journal

Edward, Pope Carolin & Springate,Kay Wright (1995). Encouranging creativity in early childhood classrooms. http://www.Encouranging%20creativity%20 in%20 Early%20 Chidhood%20Classrooms.

Fllores, John. (2006). School are stifling children’s creativity. Desert News Salt Lake City, Sep 2006

Dust, K (1999). motive means and opportunity: creative research review. available: http://www.nesta.org.uk./lowfat/kdust_rep.html (18 Januari, 2001)

Jeffrey, Bob & Craft Anna. (2004). Teaching Creativity and teaching for creatity: Distinctions and realionships. Education studies. Dorchester-on-Thames; Maret 2004 vol,30,lss, 1, pg 77.

John P. Isenberg & Mary Renck Jalango. (1993).Creative Expression and Play in The Early Childhood Curriculum. Macmillan Publishing Company: New York. p 104-10

Klaus K.Urban (2005). Assessing creativity:The test for creativity thinking-drawing production (TCT-DP):.University of Hannover, Germany Urban@erz.uni-hannover.de. International Education Journal, 2005,6(2) 273-280 ISSN 1443-1475 © 2005 Shannon Research Press.

Lee, Kyung – Hwa .(2005). The relationship between creative thingking ability and creative personality of pree schooler. International Educational Journal, 2005, 6(2) 194-199.

Mark T Kiehn. (2003). Development of music creativity among elementary school students. Journal of Research in Music Education. Reston: Winter 2003

. Meador, K.S (1992).Energing rainbows: a review of the literature on creativity. Journal for Education of Gifted, 15,2, 163-73

Manzo, Anthony V (1988). Teaching for creativity outcomes, why we don’t, how we all can. Vol 71,lss.5: pg.287,4 pgs

Mary Mayesky. 1990. Creative activities for young children. 4th Ed. New York: Delmar Publisher Inc. p 261

Moran. James D. (2006). Creativity in young childrens. Http://www.Creativity%20in20YoungChildren.htm

Robert E. Gleen. (1997). SCAMPER for student creativity. The Educatin Degest. Ann Arbor, Feb 1997. Vol 62,lss 6;pg 67, 2 pg.

Schamidi, Pamela Bramen. (2006). Creativity and coping in later life. Generation. San Francisco. Spring 2006.Vol. 30,lss.1; pg 27, 5 pages

Sharp, Caroline. (2001). Developing young children’s creativity through the art: what does research have to offer? Paper presented to an internatonal seminar, Chadwich Street Recreation Center, London, 14 February, 2001.

Swanson, M Loorie.(2004). Creatvity in preeschool classroom. Http://www. Creativity%20in%20the Preeschool1%20 Claassroom,htm

Triffiger, Don. (2006). Talent,creativity, and succes. Parentig for Hing Potential Washigton: Juni 2006. Pg.31, 1pgs

Yeung, Alexander Seeshing & Chow, Alan Ping-Yang & Chow, Phoebe Ching-Wa Chow. .(2005). Creativity of the disafected gifted. Shannon Research Press: International Educational Journal, 2005,




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v1i2.1156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung