EVALUASI PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT (PKM) PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) DI DESA BALONGGANDU KECAMATAN JATISARI KABUPATEN KARAWANG
Abstract
EVALUASI PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT (PKM)
PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM)
DI DESA BALONGGANDU KECAMATAN JATISARI
KABUPATEN KARAWANG
Ratna Sari Dewi
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah,
FKIP - Universitas Singaperbangsa Karawang
email : [email protected]
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan dan menganalisis data : 1) proses pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan kewirausahaan masyarakat (PKM), dan 2) evaluasi pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan kewirausahaan masyarakat (PKM) di desa Balonggandu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Proses Pemberdayaan Masyarakat melalui Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat (PKM) di Desa Balonggandu secara umum cukup matang dalam hal perencanaan dengan pemilihan kegiatan berdasarkan prioritas kebutuhan kelompok masyarakat. Secara umum pelaksanaannya dapat menunjang keberhasilan kegiatan PNPM Mandiri melalui PKM dalam mengembangkan kewirausahaan terbukti dengan keseriusan UPK Jatisari Mandiri dalam merekrut tutor/instruktur/pelatih yang memiliki kompetensi dasar yang baik. (2) Evaluasi Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat (PKM) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) di Desa Balonggandu, merujuk pada hasil PNPM Mandiri melalui pendidikan keirausahaan masyarakat di Desa Balonggandu cukup berhasil dalam mengembangkan kewirausahaan dan meningkatkan pendapatan kelompok masyarakat.
Kata kunci : Evaluasi Program, PNPM Mandiri, PKM , Pelatihan
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ali, Modekkhan. (2007). Orang Desa Anak Tiri Perubahan. Malang : Averroes Press.
Ali, M. (1993). Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.
Arikunto, Suharsimi. (2002). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi aksara.
Aziz, Moh, Ali Dkk. (2005). Dakwah Pemberdayaan Masyarakat: Paradigma Aksi Metodologi. Yoyakarta : PT. LkiS Pelangi Nusantara.
Bogdan, R. dan Taylor, S. J. (1993). Kualitatif Dasar-Dasar Penelitian. Surabaya: Usaha Nasional.
Bungin, B. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Drucker, P. F. (1994). Inovation dan Entrepreneurship, Practice and Principles. Jakarta: Gelora Aksara Pratama Erlangga.
Gagne, M. R. (1985). The Conditions of Learning and Theory of Intruction. Florida: Florida State University.
Hisrich et al. (2004). Entrepreneurship, 7th edition. NY: McGraw – Hill Irwin
Kartono, K. (1989). Pengantar Metodologi Research Sosial. Bandung: Alumni.
Meredith. G. Geoffrey (1996). Kewirausahaan : Teori dan Praktek. Jakarta: Pustaka Binawan Prasindo.
Moleong Lexi J. (1998). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution. (1992). Metode Research. Bandung: Jemmars.
Sudjana, Djudju. (2004). Pendidikan Nonformal (wawasan,sejarah perkembangan filsafat, teori pendukung, azas). Bandung: Falah Production.
................. (2000). Pendidikan Luar Sekolah (Sejarah Perkembangan, Falsafah, Teori Pendukung, Asas. Bandung: Falah Production.
Prijono, Onny dan Pranarka. (1996). Pemberdayaan Konsep, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta : CSIS.
Zimmener, W. Thomas, Norman M. Scarborough. (1996). Entrepreneurship and The New Venture Formation. New Jersey: Prentice Hall International Inc.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v1i2.1161
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung