PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PROGRAM KEAKSARAAN FUNGSIONAL (KF) MODEL INOVA KREATIF DI DESA MARGAMULYA KECAMATAN TELUKJAMBE BARAT KABUPATEN KARAWANG

Tika Santika

Abstract


PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PROGRAM KEAKSARAAN FUNGSIONAL (KF) MODEL INOVA KREATIF DI DESA MARGAMULYA KECAMATAN TELUKJAMBE BARAT KABUPATEN KARAWANG

                         

ABSTRAK

 

Tika Santika

 

Program Studi PLS FKIP

Universitas Singaperbangsa Karawang

email : tikasantika_usk70@yahoo.com

                                                            

Program Keaksaraan Fungsional diselenggarakan oleh berbagai pelaksana baik yang bersifat individu/perorangan maupun lembaga, baik pemerintah maupun masyarakat penyelenggara program yang bersifat lembaga. Penyelenggara Keaksaraan Fungsional (KF) yang dilaksanakan di Desa Margamulya ini adalah LPPM UNSIKA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan data tentang perencanaan, pelaksanaa, hasil dan dampak pembelajaran program KF Model Inova Kreatif di Desa Margamulya Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: Observasi, Wawancara, Analisis Dokumentasi sebagai sumber data Triangulasi. Proses perencanaan program pembelajaran Keaksaraan Fungsional dimulai dengan rekruitmen warga belajar yang dilakukan melalui koordinasi langsung pelaksanaan program dengan Pemerintah Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang. Pembelajaran program Keaksaraan Fungsional yang diberikan kepada warga belajar sesuai dengan petunjuk modul yang sudah ada, yaitu : membaca huruf vocal, membaca huruf konsonan yang digabung dengan huruf vocal, menulis huruf vocal, menulis huruf konsonan dan menyambungkan dengan huruf vocal, mengenal lambang bilangan, berhitung pengurangan, penjumlahan. Setelah mengikuti pembelajaran Keaksaraan Fungsional (KF) di Desa Margamulya warga belajar sudah bisa membaca, menulis, dan berhitung. Dampak pembelajaran program Keaksaraan Fungsional Model Inova Kreatif di Desa Margamulya dapat dirasakan oleh seluruh warga belajar diantaranya tumbuh minat baca.

 

Kata Kunci : Pengelolaan Pembelajaran,  Keaksaraan Fungsional (KF)

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdulhak, Ishak, (1995). Metodologi Pembelajaran dan Pendidikan Orang Dewasa. Bandung : Cipta Intelektual.

_____________, (1993).Strategi Membangun Motivasi dalam Pembelajaran Orang Dewasa. Bandung : AGTA Manunggal Utama.

Arief, Zainudin, (1995). Model Keaksaraan Fungsional. Balai Pengembangan Kegiatan Belajar (BPKB) Jayagiri.

Direktorat Pendidikan Masyarakat, (2005). Sosialisasi Program Keaksaraan Fungsional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Masyarakat, Direktorat Jendral Pendidikan Luar Sekolah. Departemen Pendidikan Nasional.

Bogdan, R. dan Taylor, S.J. (1993).Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional.

Bungin, Burhan. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif.Jakarta :Raja Grafindo Persada.

Kartini, Kartono, (1989). Pengantar Metodologi Research Sosial.Bandung : Alumni.

Margono, S, (1996). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Moleong, Lexi J. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nasution, (1998). Metode Penelitian Naturalistik. Bandung : Tarsito.

Sudjana, Djudju, (2004). Pendidikan Nonformal (Sejarah Perkembangan, Falsafah, Teori Pendukung, Asas). Bandung : Falah Production.

_______________, (2004). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung : Falah Production.

_____________, (2004). Strategi Pembelajaran Partisipatif. Bandung : Nusantara Press.

_____________, (2004). Manajemen Pendidikan Nonformal. Bandung : Falah Production.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003.Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta : DEPDIKNAS.

Winarno, Surakhmad, (1996). Dasar-Dasar Teknik Research.Yogyakarta : Yayasan Penerbitan Fakultas Ekonomi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v1i2.1162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung