OPTIMALISASI LAYANAN TBM BERBASIS BAHASA IBU DALAM MEMELIHARA KEBERAKSARAAN MASYARAKAT (Studi pada TBM Luthfillah, Kota Palangka Raya)

Muhamad Affandi

Abstract


OPTIMALISASI LAYANAN TBM BERBASIS BAHASA IBU DALAM MEMELIHARA KEBERAKSARAAN MASYARAKAT

(Studi pada TBM Luthfillah, Kota Palangka Raya)

 

Muhamad Affandi

(Universitas Palangka Raya)

 

ABSTRAK

 

Kajian ini bertujuan untuk memaparkan fenomena tentang peran aktif TBM dalam memelihara keberaksaraan masyarakat melalui bahasa ibu. Pada kajian ini, pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif. Adapun instrumen yang digunakan ialah wawancara, observasi serta studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan pada kajian ini yaitu menggunakan reduksi data, display data serta penarikan kesimpulan (conclution).Hasil kajian ini yakni mendapatkan deskripsi data bahwa sistem layanan yang diterapkan di TBM Luthfillah ini lebih berorientasi pada kebutuhan masyarakat atau pembaca. Artinya, pengelola memberikan kebebasan bagi pembaca untuk memilih, meminjam dan tentunya membaca bahan bacaan yang memang sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu, TBM Luthfillah ini juga sangat kental dengan budaya Dayak.Pada prakteknya selain pendekatan berbasis bahasa ibu, TBM Luthfillah juga melaksanakan beberapa alternatif kegiatan untuk menstimulasi minat masyarakat untuk berkunjung ke TBM. Langkah-langkah ini dianggap cukup efektif, karena disamping mendapatkan hadiah, para peserta secara tidak langsung juga akan tergerak minatnya untuk berkunjung dan membaca di TBM. Treatment tersebut juga sukses memelihara keberaksaraan masyarakat, mengingat mayoritas dari peserta kegiatan ialah alumni pendidikan keaksaraan dasar dan keaksaraan usaha mandiri.

 

Kata Kunci: Taman Bacaan Masyarakat, Bahasa Ibu, Keberaksaraan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (1996). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell.J. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Third ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan. (2016). Petunjuk Teknis Bantuan Sarana TBM dan Prosedur Pengajuan Bantuan Tahun 2016. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

http://edefinisi.com/tag/definisi-keberaksaraan diakses tanggal 19 April 2016.

https://www.facebook.com/BahasadanBudayaRoteNdao/posts/416379705112589 diakses tanggal 19 April 2016.

https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_ibu diakses tanggal 19 April 2016.

Joesoef, Sulaiman. (1981). Pendidikan Masyarakat Belajar. Yogjakarta:Pustaka Belajar.

Kamidah dkk. (2009). Model Taman Bacaan Masyarakat: Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendiknas Jakarta.

Permendikbud No. 81 Tahun 2013 tentang Pendirian Satuan Pendidikan Nonformal.

Soedomo, M. (2000). Pendidikan Luar Sekolah ke Arah Pengembangan Sistem Belajar Masyarakat, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen pendidikan dan kebudayaan.

Sudjana, H.D, Pendidikan Non Formal, Bandung: Falah Production, 2004.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yulaelawati, Ella. 2010. Taman Bacaan Masyarakat Kreatif. Jakarta: Direktorat Pendidikan Masyarakat, Direktorat Jendral Pendidikan Nonformal dan Informal Kementrian Pendidikan Noasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v1i2.1164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung