IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ENTREPRENEURSHIP DALAM RANGKA PEMBENTUKAN JIWA ENTREPRENEUR PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH FKIP UNTIRTA
Abstract
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ENTREPRENEURSHIP
DALAM RANGKA PEMBENTUKAN JIWA ENTREPRENEUR
PADA MAHASISWA JURUSAN
PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
FKIP UNTIRTA
Sudadio
University of Sultan Ageng Tirtayasa
ABSTRAK
Keyakinan dan keberani bermimpi berarti kita memiliki visi, visi akan lebih dapat menciptakan kekuatan positif di dalam pikiran kita. Sehingga nantinya akan lebih mampu meningkatkan kemampuan belajar dan kualitas hidupnya. Karena itu saya sangat yakin dengan ungkapan berikut ini: "Hati-hatilah dengan angan-anganmu, karena angan-anganmu itu akan menjadi kenyataan:"
Dalam konteks inilah, kita sebagai pendidik dengan jiwa entrepreneurship, dalam aktivitas kita harus memiliki keberanian dalam bermimpi. Kita harus punya keyakinan bahwa rejeki ini akhirnya mengikuti mimpi kita. Dan sebetulnya rejeki itu bisa direncanakan menurut mimpi kita. Rejeki itu berbanding lurus dengan mimpi kita, akan tetapi agar rejeki kita benar – benar berbanding lurus dengan mimpi kita, masih diperlukan kereativitas dan kemandirian untuk senantiasa berbuat dan mengejar prestasi puncak.
Atas dasar inilah pada kesempatan ini peneliti tertarik untuk meneliti tentang Implementasi Pembelajaran Berbasis Entrepreneurship dalam Rangka Pembentukan Jiwa entrepreneurs pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FKIP Untirta
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 0,901 persen dosen yang mengajar dilingkungan jurusan pendidikan luar sekolah secara terusmenerus dan berkesinambungan dalam kegiatan proses pembelajaran dapat berkontribusi dalam memberikan dan menanamkan pembelajaran yang berbasis entrepreneurship, dengan cara menanamkan kepada mahasiswa berupa; jiwa kreatif, jiwa inovatif, jiwa percaya diri dan penanaman jiwa berani, keempat aspek ini merupakan pondasi dan modal dasar sebagai pegangan untuk terjun dalam kegiatan entrepreneur, terutama lagi bagi lulusan pendidikan luar sekolah yang harusnya memiliki kompetensi entrepreneurship serta diharapkan mampu mewujudkan jiwa entrepreneurship tersebut dalam setiap pengabdian mereka disistuasi yang sesungguhnya dimanapun dan sebagai apaun pekerjaan yang akan mereka emban.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Enterpreneurship
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Alma, Buchari, ( 2013 ), Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta
Dimyati, dan Mudjiono.Belajar dan Pembelajaran.Cet III. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Depatemen Pendidikan Nasional, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentangsistem Pendidikan Nasional, (2003). Jakarta
Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2008.
Sudadio, ( 2011 ), Dimensi Esensial Peningkatan Mutu Pendidikan, Banten : Dbb Press
Suyono, (2011 ), Belajar dan Pembelajaran, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantiatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2007...
Suharsimi Arikuntono. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Cet V. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Supranto, 2006, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Jakarta :
Rineka Cipta.
Tayibnapis, Yusuf, Farida, 2000, Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Kompetensi Bahasa. Bandung: Angkasa.
Taufik. 2013. Pengantar Pendidikan. Bandung: Mujahid Press.
Pradopo, Rachmat Djoko.2007. Pengkajian Puisi. Jogjakarta : Gadjah Mada University Press.
Zainurrahman. 2013. Menulis Dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.
http://Gorontalo--education.blogspot-.com/20/12/09/konsep-materi-puisi.html.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v1i1.1177
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung