IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ORANG DEWASA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH FKIP UNTIRTA

Irwan Djumena

Abstract


IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ORANG DEWASA

PADA MAHASISWA PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

FKIP UNTIRTA

 

Irwan Djumena

University of Sultan Ageng Tirtayasa

 

 

ABSTRAK

Proses  belajar orang dewasa memiliki perbedaan dengan proses pembekajaran pada anak-anak ( pedagogi ), dimana pembelajaran pada orang dewasa kegiatan belajar dipandang sebagai proses transformasi  yaitu dalam bentuk mengubah ( modifying), mempelajari kembali ( relearning ),  memperbarui ( up dating ) dan mengamati ( replacing ), sedangkan pembelajaran pada anak  dipandang sebagai proses pembentukan dan perolehan ( aquiring ), pengumpulan , skills, strategi dan nilai-nilai yang diperoleh dari pengalaman. Pendekatan  pembelajaran  antara orang dewasa dan anak berbeda  maka dipandang tepat apabila para pendidik dilingkungan perguruan tinggi memahami dan mampu mengimplementasikan  model pendekatan pembelajaran pada orang dewasa pada setiap mahasiswa. proses pembelajaran dapat memberikan dan menanamkan pembelajaran yang berbasis pembelajaran orang dewasa, dengan  cara menanamkan kepada mahasiswa untuk aktif yaitu’  Pembelajaran Mandiri,  Kerjasama KLP, pemecahan masalah, pembelajaran  Interaktif

Penelitian ini difokuskan pada proses pendekatan pembelajaran orang dewasa yang diterapkan oleh para pendidik dilingkungan Untirta, dengan sub fokus masalah  1) perlunya implementasi model pembelajaran orang deawasa pada kegiatan pembelajaran pendidikan luar sekolah,   2) implementasi model pembe-lajaran orang dewasa dipandang tepat untuk menunumbuhkan kemandirian pada mahasiswa Pendidikan Luar sekolah

Berdasarkan hasil penelitian dengan focus penelitian  “ Implementasi model pembelajaran orang dewasa pada mahasiswa PLS FKIP   Untirta tahun 2015“,  dapat dinyatakan bahwa implementasi kegiatan pembelajaran andragogik yang dilaksanakan oleh dosen di Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FKIP Untirta sudah dilaksanakan dengan katagori baik,  yaitu rerata 0,89 persen dari dosen yang mengajar sudah secara terus menerus melaksanakan kegiatan mengajarnya  berbasis organg dewasa, sedangan 0,11 persen diantara dosen yang mengajar di jurusan pendidikan luar sekolah  dalam kategori belum mencerminkan pendekatan model pembelajaran orang dewasa.

 

Kata Kunci:  Pembelajaran orang dewasa

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchari, ( 2013 ), Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta

Dimyati, dan Mudjiono.Belajar dan Pembelajaran.Cet III. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Depatemen Pendidikan Nasional, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentangsistem Pendidikan Nasional, (2003). Jakarta

Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2008.

Kamil, Mustofa, ( 2009 ), Pendidikan Nonformal, Bandung : Alfabeta

Marzuki, Saleh, H.M, ( 2012 ), Pendidikan Non Formal, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sudadio, ( 2011 ), Dimensi Esensial Peningkatan Mutu Pendidikan, Banten : Dbb Press

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantiatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2007...

Suharsimi Arikuntono. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Cet V. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Supranto, 2006, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Jakarta :

Rineka




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v1i1.1178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung