“ IMPLIKASI PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C TERHADAP PENINGKATAN TARAF HIDUP WARGA BELAJAR DI SKB KOTA SERANG”
Abstract
“ IMPLIKASI PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C TERHADAP PENINGKATAN TARAF HIDUP WARGA BELAJAR DI SKB KOTA SERANG”
Een Suhaenah
Jurusan Pendidikan Luar Sekolah
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
ABSTRAK
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana implikasi pendidikan kesetaraan paket C di SKB Kota Serang (2) Bagaimana hasil belajar pendidikan kesetaraan paket C di SKB Kota Serang (3) Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat terhadap proses pembelajaran kesetaraan paket C di SKB Kota Serang. Penelitianini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui implikasi pendidikan kesetaraan paket C di SKB Kota Serang, (2) Untuk mengetahui hasil belajar dari program pendidikan kesetaraan paket C di SKB Kota Serang, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat terhadap proses pembelajaran kesetaraan paket C di SKB Kota Serang.Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi, dengan subyek penelitian yakni pengelola kesetaraan paket C Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Serang, tutor kesetaraan paket C, dan 8 warga belajar kesetaraan paket C. tekhnik pengolahan data yakni tahap orientasi, tahap eksplorasi, tahap member check. Teknik analisis data yakni tahap reduksi, display data, kesimpulan, verifikasi, danvaliditas data. Sedangkan dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi sumber data. Berdasarkan hasil penelitian Implikasi pendidikan kesetaraan paket C terhadap peningkatan taraf hidup warga belajar di SKB Kota Serang warga belajar memiliki kemampuan, peningkatan ekonomi dan kretivitas dalam berwirausaha. Namun pada kenyataannya tidak semua warga belajar kesetaraan paket C dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Hasil belajar kesetaraan paket C dapat meningkatkan taraf hidup yaitu dilihat dari pekerjaan dan pendapatan, kesejahteraan sosial sudah banyak peningkatan. Adapun faktor pendukung dan penghambat terhadap proses pembelajaran kesetaraan paket C di SKB Kota Serang. Faktor pendukung yakni penyampaian materi pembelajaran dengan baik dan sesuai kebutuhan warga belajar, sarana dan prasarana yang memadai dan layak ,adanya dukungan dari pengelola kesetaraan paket C, dukungan dari keluarga, adanya bantuan dari pemerintah. Sedangkan faktor penghambat yakni kurangnya motivasi dari tutor, jadwal pembelajaran dan jarak tempuh.
Kata Kunci: Implikasi pendidikan kesetaraan paket C, Peningkatan taraf hidup warga belajar.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. Tahun 2006.Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.
Denim,Sudarwan. Tahun 2010. Pengantar Kependidikan. Bandung: ALFABETA,cv.
Dimyatidan Mudjiono.Tahun 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. RinekaCipta
Doriza, Shinta. Tahun 2015.Ekonomi Keluarga. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA
Hatimah, Ihat, dkk. 2007. Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan, Jakarta: Universitas Terbuka
J. Moleong, Lexy, 2006, metodologi penelitian kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Marzuki, Saleh. Tahun 2010. Pendidikan Nonformal. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA.
…………….Kurikulum Berbasis Kompetensi (konsep, karakteristik dan implementasi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
…………….(2007), dasar-dasar evaluasi pendidikan, Jakarta: PT. BumiAksara
Nana syaodih sukmadinata,tahun 2010. metode penelitian pendidikan Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA.
Nasotion.Tahun 2006.Berbagai Pendekatan dalam proses belajar dan mengajar. Bandung: BumiAksara
Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Bogor Selatan: penerbit Ghalia Indonesia.
Sudjana, Djudju. Tahun 2004. Pendidikan Nonformal. Bandung: Falah Production
Sudjana, Djuju. 2008. Evaluasi program Pendidikan LuarSekolah. Bandung:PT. RemajaRosdakarya
Sudjana, Nana. Tahun 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Cet. XV). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sudjana, Nana. Tahun 2006. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sukardi.Tahun 2010.Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. BumiAksara
Tirtarahardja, Umar, La Sulo S. L, 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. RinekaCipta
Undang- undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Depdiknas, Jakarta
Wahyudin Dinn, dkk. Tahun 2007 .Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka
Winataputra, Udin, dkk 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Universitas Terbuka
http://suaraguru.wordpress.com/2010/04/29/mutu-lulusan-pendidikan-dan-dunia-kerja/
http://rraaggiill.wordpress.com/2012/11/11/kualitas-lulusan-pendidikan kesetaraan-untuk-meningkatkan-sumber-daya-manusia/(diaksespada10 mei 2015, pukul: 20.22 WIB)
http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2046047-pengertian-definisi-hasil-belajar-dari#zz22ps5mU5B
http://id.shvoong.com/social,sciences/sociology/228412pengertiankesejahteraan-sosial-masyarakat
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v1i1.1186
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung