PERAN TUTOR DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR BAGI WARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM RINI HANDAYANI KECAMATAN TAMBUN SELATAN KABUPATEN BEKASI

Dwita Sulistiani Cahya Sulistiani, Dayat Hidayat, Ahmad Syahid

Abstract


PERAN TUTOR DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR BAGI WARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM RINI HANDAYANI KECAMATAN TAMBUN SELATAN KABUPATEN BEKASI

1Dwita Cahya Sulistiani, 2Dayat Hidayat, 3Ahmad Syahid


Program Sarjana Pendidikan Luar Sekolah

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa, Karawang

1[email protected]2[email protected]3[email protected] 




ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan peran tutor dalam menumbuhkan motivasi belajar bagi warga belajar paket C di PKBM Rini Handayani Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi; (2) mendeskripsikan faktor penyebab rendahnya motivasi belajar bagi warga belajar paket C di PKBM Rini Handayani Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan di PKBM Rini Handayani Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Adapun subjek penelitian ini terdiri dari : (1) sumber informan terdiri dari dua orang warga belajar, (2) sumber informasi terdiri dari satu orang pengelola, satu orang kepala tata usaha, dan satu orang tutor. Penentuan subjek menggunakan teknik Purpose Sampling. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Tahap-tahap penelitian menggunakan tahap orientasi, tahap ekplorasi, dan tahap member check. Analisis data yang dilakukan menggunakan teknik koleksi data, reduksi data, display data (penyajian data) dan verifikasi data (pengambilan kesimpulan). Hasil wawancara yang diperoleh menunjukan hasil bahwa di PKBM Rini Handayani (1) Peran tutor dalam menumbuhkan motivasi belajar sudah cukup baik. mulai dari tutor berperan sebagai fasilitator, organisator, motivator, pengarah/director, fasilitator, evaluator, memberi pujian, dan memberi hukuman, namun terdapat peranan yang belum terlaksana secara optimal yaitu peran sebaagi evaluator dan memberi pujian yang cenderung kurang optimal. (2) Fator dari penyebab rendahnya motivasi dominan dari faktor external yang terdiri dari pengaruh lingkungan, keluarga dan teman, membuat motivasi belajar pada diri warga belajar mengalami penurunan saat melaksanakan pembelajaran.


Kata Kunci : Peran Tutor, Motivasi, Warga Belajar, PKBM.


Full Text:

PDF

References


Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan.

Emda, Amna. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantaida Journal.

Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Islamuddin, Haryu. 2012. Psikologi Pendidikan. Cet.1. Pustaka Pelajar

Kamil. Mustofa. (2011). Pendidikan Nonformal. Bandung: Alfabeta.

Radar Bekasi.Id https://radarbekasi.id/2021/01/04/1-349-anak-putus-sekolah/

Sardiman. (2016). Interkasi & Motivasi Belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung.

Sugiyono (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Surrudin, Muhammad., & Prihatini, Nirmana. (2018). Analisis Berbagai Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 3 Tebaban. Jurnal didika.

Tri Anni. Chatarina. (2006). Psikologi Belajar. Semarang. UPT MKK UNNES

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem PendidikanNasional.https://pusdiklat.perpusnas.go.id.Diakses 26 Desember 2020.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://www.jogloabang.com/pendidikan/pp-19-2005-standar-nasional-pendidikan. Diakses 26 Desember 20




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v6i2.12889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung