MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LAERNING DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) ZAHROTUL AMALIYAH DI DESA KONDANG JAYA KECAMATAN KARAWANG TIMUR

Anisa Permata Zaeni, Dayat Hidayat, Ahmad Syahid

Abstract


MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LAERNING
DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) ZAHROTUL AMALIYAH
DI DESA KONDANG JAYA KECAMATAN KARAWANG TIMUR

¹Anisa Permata Zaeni, ²Dayat Hidayat, ³Ahmad Syahid

1,2,3 Program Sarjana Studi Pendidikan Luar Sekolah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang

¹1710631040021@student.unsika.ac.id2dayathidayat194@yahoo.com3ahmad.syahid@fkip.unsika.ac.id 




ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang bagaimana pelaksanaan dan penilaian pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran blended learning di TPQ Zahrotul Amaliyah di Desa Kondang Jaya Kecamatan Karawang Timur. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain tentang konsep model pembelajaran blended learning. Blended Learning menurut Colis dan Moonen adalah campuran dari pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online, sehingga memungkinkan pembelajaran tidak hanya terjadi dikelas saja namun juga dapat dilakukan diluar kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang dilakukan di TPQ Zahrotul Amaliyah di Desa Kondang Jaya. Jumlah subjek penelitian tiga orang informan yaitu satu pendidik, satu orang tua peserta didik dan satu peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian sebagai berikut : 1) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran blended learning di TPQ Zahrotul Amaliyah sudah sesuai dengan sintak atau tahapan dasar pada pembelajaran blended learning dan menggunakan model pengembangan rotation model dimana pelaksanaan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online dilaksanakan secara terpisah. 2) penilaian pembelajaran blended learning, pendidik melakukan penilaian seperti biasanya yaitu penilaian terhadap sikap, pengetahuan dan keterampilan.


Kata kunci: ModelPembelajaran, Blended Learning, TPQ

Full Text:

PDF

References


Admin. 2020. “Model Blended Learning : Unsur-unsur, Kelebihan dan Kekurangan.” Among Guru. 2020. https://www.amongguru.com/model-blended-learning-unsur-unsur-kelebihan-dan-kekurangannya/.

Arikunto, Prof. Dr. Suharsimi. 2019. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. 2 ed. Jakarta: Bumi Aksara.

Asyafah, Abas. 2019. “MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam).” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education 6 (1): 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569.

Budiharto, B, S Suparman, dan ... 2018. “Penerapan Blended E-Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” Seuneubok … 5 (1): 28–37.

Damanik, Rizka Nurlina. 2019. “Daya Tarik Pembelajaran Berbasis Blended Learning di Era Revolusi Industri 4.0.” Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan 3: 803–9. http://semnasfis.unimed.ac.id.

Dr. Hj Helmiati, M.Ag. 2012. Model Pembelajaran. Diedit oleh Lusiana Susanti. Pekanbaru: Aswaja Presindo.

Gunawan, Imam. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendarita, Yane. 2013. “Model Pembelajaran Blended Learning dengan Media Blog.” Integration of Climate Protection and Cultural Heritage: Aspects in Policy and Development Plans. Free and Hanseatic City of Hamburg.

Husamah, Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Economist.

Istiningsih, Siti, dan Hasbullah Hasbullah. 2015. “Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan.” Jurnal Elemen 1 (1): 49. https://doi.org/10.29408/jel.v1i1.79.

Malik, Hatta Abdul. 2013. “Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) ALhusna Pasadena Semarang.” Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan 13 (2): 387–404. http://www.journal.walisongo.ac.id/index.php/dimas/article/view/60.

Miksan Ansori. 2018. “Desain dan Evaluasi Pembelajaran Blended Learning Berbasis Whatsapp Group (WAG).” Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam 1 (1): 120–34. https://doi.org/10.29062/dirasah.v1i1.56.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sunhaji. 2014. “Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Jurnal Kependidikan 2 (2): 30–46. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.551.

Suryani, Herlina dan M. Khamsul Azani. 2018. “Halaman | 125.” Jurnal Paedagogy Volume 5 Nomor 2 2018 5: 125–29.

Sutrisno, Dr. Abu Zakariya. 2018. Panduan Lengkap Mengajar TPA. Diedit oleh Ummu Zakariya. Riyadh: Yayasan Hubbul Khoir.

Usman, Usman. 2019. “Komunikasi Pendidikan Berbasis Blended Learning Dalam Membentuk Kemandirian Belajar.” Jurnal Jurnalisa 4 (1): 136–50. https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v4i1.5626.

Wijanarko, Yudi. 2017. “Model Pembelajaran Make a Match Untuk Pembelajaran Ipa Yang Menyenangkan.” Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 1 (1): 52. https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1579.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v6i2.12891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung