PERMAINAN TRADISIONAL BETAWI UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK
Abstract
PERMAINAN TRADISIONAL BETAWI UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK
1Masnur Ali, 2Qory Jumrotul Aqobah
1Olahraga Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Jakarta
2Ilmu Keolahragaan,Fakultas Kedokteran, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
1[email protected], [email protected]
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan permainan tradisional dalam mengembangkan keterampilan sosial dan mengidentifikasi permainan tradisional betawi. Keterampilan sosial anak tidak terbentuk secara tiba-tiba, namun merupakan imitasi dan pembiasaan dari lingkungan anak. Permainan tradisional selain aman dimainkan dari berbagai macam usia merupakan ciri khas budaya bangsa yang memiliki berbagai manfaat dan memiliki nilai-nilai yang dapat dikembangkan diantaranya adalah keterampilan sosial Metode penelitian dalam tulisan ini adalah library research atau penelitian kepustakaan. Permainan tradisional bdapat dikenalkan sejak kecil di lingkungan keluarga dan masyarakat untuk dapat mengenalkan permainan tradisional dan perkembangan sosial anak. Dari hasil analisis pada penelitian-penelitian sebelumnya permainan tradisional betawi pada hakikatnya dapat menstimulasi perkembangan keterampilan sosial anak karena dalam permainan tradisional akan muncul interaksi antar anak dan secara tidak sadar dapat mengembangkan keterampilan sosial anak yang dapat membantu anak untuk beradaptasi didalam masyarakat.
Kata Kunci: Permainan Tradisional Betawi, Keterampilan Sosial
Full Text:
PDFReferences
Afrianur, S. (2015). Analisis Nilai-Nilai Karakter Dalam Permainan Tradisional Pada Masyarakat Betawi.
Aksoy, P., & Baran, G. (2010). Review of studies aimed at bringing sosial skills for children in preschool period. Procedia - Sosial and Behavioral Sciences, 9, 663–669.
Ali, Masnur dan Aqobah, Qory Jumrotul. 2018. Pengaruh permainan tradisional terhadap perilaku kepemimpinan peserta didik di SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA Vol 1, No 1 (2018).
Ali, Masnur. 2020. penyuluhan Kids Atletik Pada Guru Sd Di Kota Cilegon Provinsi Banten Tahun 2020. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 1 (2020). 198-203.
Ali, Masnur dan Aqobah, Qory Jumrotul. 2020. Improving The Balance Movement Of Lower-Grade Students Through The Modification Of Engklek Traditional Games. Jurnal JPSD Untirta. 6 (1). 68-79.
Ali, Masnur & Lumintuarso, Ria. 2017. Upaya Peningkatan Pembelajaran Lompat Jauh dengan Media POA pada Siswa Kelas IV SDI Al- Azhar Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar JPSD. 3(1). 53-63.
Ali, Masnur., Nugraha, H.,& Aqobah, Q. J. 2021. Traditional Games And Social Skills Of Children In The Pandemic Era. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar JPSD. 7(1). 104-117.
Andriana, Encep Dan Ningsih, Endang Widya. Hendracipta, Nana. Vitasari, Mudmainah. Aulina, Callista. 2020. Analysis Of Student Learning Activities In Science Learning Using Inquiry Model Based On Local Wisdom. Jurnal Jpsd Untirta. 6 (1), 92-99.
Aqobah, Q. J., Ali, M., Decheline, G., & Raharja, A. T. (2020). Penanaman Perilaku Kerjasama Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 134–142.
Aqobah, Q. J., Ali, M., Nugroho, A. I. 2021. Pengaruh latihan soft toss ball terhadap hasil pukulan dalam cabang olahraga softball. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan. 10(1). 31-39.
Budiningsih, M., Siregar, N. M., & Ali, M. (2020). People ’ s Clean and Healthy Behaviors during the COVID-19 Outbreak : A Case Study in DKI Jakarta Province. https://doi.org/10.4108/eai.22-7-2020.2300293.
Cartledge, & Milburn. (1995). Keterampilan Sosial Pada Anak Menengah Akhir.
Dika Putri Rahayu. 2019. Permainan Tradisional Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak. Prociding of The Fourth Annual Meeting and Conference Association of Indonesian Islamic Kindergarten Teachers Education Study Program hal 33-46.
Djuwita, Warni; Fakhri, Mohammad. 2020. Pengaruh Permainan Tradisional Dalam Mengembangkan Kecerdasan Jamak Anak Usia Dini Pada PAUD Di Kota Mataram. aṣ-ṣibyān: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 4, n. 2, p. 87-102, jan. 2020.
Hazriyati Hazriyati, Nasriah Nasriah. 2020. Pengaruh Permainan Engklek Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Perwanis Medan T.A 2018/2019. Jurnal Usia Dini. Volume 5 No.2 Desember 2019 hal 20-26.
Ike Fari Fadila Sumual, Budiyono Budiyono, Pryo Sularso. 2019. Upaya Menumbuhkan Rasa Solidaritas Kebangsaan Anak Usia Dini Melalui Permainan Bakiak. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 7 No 2 Oktober 2019, hal 117-124.
Jarolimek, H. (1977). Sosial Studies Competencies and Skill: Learning to Teach As an Intern.McMillan Publishing.
Loukatari, P., Matsouka, O., Papadimitriou, K., Nani, S., & Grammatikopoulos, V. (2019).
Pashar, I., & Dwiantoro, L. (2020). Pengaruh Empowerment Terhadap Pengambilan Keputusan Perawat : Kajian Literature Review Article Info :, 7(2), 124–132.
Özbey, S., & Köyceğiz, M. (2019). Investigation of the effect of sosial skills training on the motivation levels of preschool children. International Electronic Journal of Elementary Education, 11(5), 477–486. https://doi.org/10.26822/iejee.2019553344.
Wahyu Novitasari Dan Nurul Khotimah. 2016. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai. Volume 05 Nomor 03 Tahun 2016, 182-186.
Walker, D. K. (n.d.). Socioemotional Measures For Preschool Kindergarten Children. Jossey-Bass Publishers
Zakiya Zakiya, Farida Mayar. 2020. Menstimulasi Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Seni Permainan Tradisional. Ensiklopedia of Journal. Vol. 2 No.2 Edisi 1 Januari 2020 hal 28-33
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v6i2.12894
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung