PRAKTIK-PRAKTIK PENDIDIKAN TRANSFORMATIF BERBASIS MULTIKULTURALISME PADA PONDOK PESANTREN TARBIYATUL ATFAL
Abstract
PRAKTIK-PRAKTIK PENDIDIKAN TRANSFORMATIF BERBASIS MULTIKULTURALISME PADA PONDOK PESANTREN TARBIYATUL ATFAL
1Ila Rosmilawati, 2Ahmad Fauzi, 3Aji Krismantoro
123 Pendidikan Nonformal
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
1[email protected], 2[email protected], 3[email protected]
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi praktik-praktik pendidikan transformatif berbasis multikulturalisme pada pondok pesantren Tarbiyatul Atfal. Tujuan pendidikan transformatif di pesantren berbasis multikultural adalah mempersiapkan generasi yang inklusif dan akomodatif terhadap keanekaragaman masyarakat yang memiliki perbedaan agama, etnis dan kultur. Subjek penelitian terdiri dari para santri, kyai dan tenaga pengajar lainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan paradigma interpretatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi, dengan mekanisme analisa data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara faktual pondok pesantren Tarbiyatul Atfal adalah lembaga pendidikan Islam yang masih mempertahankan tradisi lokal dengan menekankan pada pembelajaran kitab-kitab klasik. Namun, praktik-praktik pendidikan multikulturalisme telah lama dilakukan melalui berbagai kegiatan, seperti kegiatan mudzakarah, kegiatan pembentukan perilaku santri dan kegiatan refleksi atau ibrah. Proses transformative learning pada pesantren yang mempraktikkan pendidikan multikultural dilihat dari para santri yang memiliki kepedulian sosial, berjiwa sosial, dan menunjukkan jiwa inklusif dan akomodatif terhadap keanekaragaman masyarakat.
Kata Kunci: Pendidikan Multikultural, Pendidikan Transformatif, Pesantren
Full Text:
PDFReferences
Arifin, M. (1993). Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum. Jakarta: Bumi Aksara
Baharun, H., & Awwaliyah, R. (2017). Pendidikan Multikultural dalam Menanggulangi Narasi Islamisme di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(2), 224–243.
Banks, J, A. (2007), Education Citizens in a Multicultural Society, New York & London: Teacher College Press.
Buchari, A, dkk (2010). Pembelajaran Studi Sosial. Bandung: Alfabeta.
Cranton, P. (2002). Teacing for Transformation. New Directions for Adult and Continuing Education, 93, 63-72.
Dhofier, Z. (1994), Tradisi Pesantren Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, Yogyakarta: LP3ES.
McGonigal, K. (2005). Teaching for Transformation: From Learning Theory to Teaching Strategies. Speaking of Teaching (Newsletter), The Center for Teaching and Learning, Standford University, Vol. 14(2)
Kymlicka, W. (1995). Multicultural Citizenship: A Liberal Theory of Minority Rights. Oxford: Oxford University Press.
Maarif, S. (2012), Transformative learning dalam membangun pesantren berbasis multikulturall, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, Vol 1(1).
Mezirow, J. (2009). Transformative Learning Theory dalam J. Meziorw, E. W. Taylor & Associates (Eds), Lifelong Learning: Concepts and Context. London: Routledge.
Muali, C. (2017). Rasionalitas Konsepsi Budaya Nusantara dalam Menggagas Pendidikan Karakter Bangsa Multikultural. Jurnal Islam Nusantara, 1(1), 105-117.
Mushfi, M., & Iqbal, E. (2017). Model Interaksi Sosial Dalam Mengelaborasi Keterampilan Sosial. Jurnal Pedagogik, 4(2), 211–227.
Parekh, B. (2006). Rethinking Multiculturalism: Cultural Diversity and Political Theory. New York: Palgrave Macmillan.
Rosmilawati, I. (2017). Konsep pengalaman belajar dalam perspektif transformatif: Antara Mezirow dan Freire. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA. Serang: FKIP UNTIRTA.
Salim, (2006). Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suheri, & Nurrahmawati, Y, T. (2018). Model Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren. Jurnal Pedagogik, 5(1), 32-49.
Yin, R. K. (2014). Case Study Research Design and Methods (5th ed). Thousand Oaks, CA: Sage Publication.
Zamroni (2011), Preparing Multicultural teacher educators: toward a pedagogy of transformation dalam “Research on multicultural education a reader, Yogyakarta: Graduate Program the State Universityof Yogyakarta.
Zuchdi, D. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v6i2.12896
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung