IDENTIFIKASI PEMBIASAAN MEMBACA ANAK USIA DINI OLEH ORANG TUA DI KELURAHAN KASEMEN
Abstract
IDENTIFIKASI PEMBIASAAN MEMBACA ANAK USIA DINI
OLEH ORANG TUA DI KELURAHAN KASEMEN
1Herlina Siregar, 2Dadan Darmawan, 3Ratih Kusumawardani
1,2Pendidikan Non Formal
Universitas Sultan Ageng Tirtyasa
3Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
1[email protected], 2[email protected], [email protected]
ABSTRAK
Langkah awal dalam mencari pengetahuan yang bisa diterapkan yaitu melalui kegiatan membaca wacana ilmu pengetahuan. Tapi yang jadi permasalahan saat ini aktivitas membaca masyarakat di Indonesia masih terbilang rendah terutama pada anak usia sekolah yang perlu pendampingan lebih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan pembiasaan membaca anak usia dini oleh orang tua di Desa Kasemen. Pendekatan dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan responden adalah orang tua sebanyak 10 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembiasanaan membaca anak usia dini oleh orang tua di Desa Kasemen dilakukan diantranya dengan menyediakan bahan bacaan anak-anak seperti buku dongeng, doa-doa dan lainnya. Serta menemani anak pada saat melakukan aktivitas membaca.
Kata kunci : Anak Usia Dini, Orang Tua, Pembiasaan Membaca
Full Text:
PDFReferences
Durkin dalam Dhieni. (2007). Mengikat Makna: Kiat-Kiat Ampuh untuk Melejitkan Kemauan Plus Kemampuan Membaca dan Menulis Buku. Bandung: Penerbit Kaifa.
Fikriyah, dkk. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. Dwija Cendekia, Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), hlm. 94-107. ISSN: 2581-1835
Ikawati, Erna. (2013). Upaya Meningkatkan Minat Membaca pada Anak Usia Dini. Jurnal Logaritma, 1 (2), hlm. 1-12. ISSN: 2580-7145
Irhandayaningsih, Ana. (2019). Menanamkan Budaya Membaca pada Anak Usia Dini. Jurnal ANUVA, 3 (2), hlm. 109-118. ISSN: 2598-3040
Satriani, Estika. (2018). Sumber Bacaan Online dalam Membangun Reading Habit Mahasiswa Universitas Islam Riau. Lecture, Jurnal Pendidikan, 9 (2), hlm. 168-178. ISSN: 2549-063X
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tohirin. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wahyuni, Sri. (2010). Menumbuhkembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literasi. Jurnal Diksi, 17 (1), hlm. 179-189. ISSN: 2579-6399
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v6i2.12899
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung