IDENTIFIKASI PEMBIASAAN MEMBACA ANAK USIA DINI OLEH ORANG TUA DI KELURAHAN KASEMEN

Herlina Siregar, Dadan Darmawan, Ratih Kusumawardani

Abstract


IDENTIFIKASI PEMBIASAAN MEMBACA ANAK USIA DINI 

OLEH ORANG TUA DI KELURAHAN KASEMEN


1Herlina Siregar, 2Dadan Darmawan, 3Ratih Kusumawardani


1,2Pendidikan Non Formal

Universitas Sultan Ageng Tirtyasa

3Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa


1[email protected], 2[email protected], [email protected]


ABSTRAK




Langkah awal dalam mencari pengetahuan yang bisa diterapkan yaitu melalui kegiatan membaca wacana ilmu pengetahuan. Tapi yang jadi permasalahan saat ini aktivitas membaca masyarakat di Indonesia masih terbilang rendah terutama pada anak usia sekolah yang perlu pendampingan lebih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan pembiasaan membaca anak usia dini oleh orang tua di Desa Kasemen. Pendekatan dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan responden adalah orang tua sebanyak 10 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembiasanaan membaca anak usia dini oleh orang tua di Desa Kasemen dilakukan diantranya dengan menyediakan bahan bacaan anak-anak seperti buku dongeng, doa-doa dan lainnya. Serta menemani anak pada saat melakukan aktivitas membaca.


Kata kunci : Anak Usia Dini, Orang Tua, Pembiasaan Membaca



Full Text:

PDF

References


Durkin dalam Dhieni. (2007). Mengikat Makna: Kiat-Kiat Ampuh untuk Melejitkan Kemauan Plus Kemampuan Membaca dan Menulis Buku. Bandung: Penerbit Kaifa.

Fikriyah, dkk. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. Dwija Cendekia, Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), hlm. 94-107. ISSN: 2581-1835

Ikawati, Erna. (2013). Upaya Meningkatkan Minat Membaca pada Anak Usia Dini. Jurnal Logaritma, 1 (2), hlm. 1-12. ISSN: 2580-7145

Irhandayaningsih, Ana. (2019). Menanamkan Budaya Membaca pada Anak Usia Dini. Jurnal ANUVA, 3 (2), hlm. 109-118. ISSN: 2598-3040

Satriani, Estika. (2018). Sumber Bacaan Online dalam Membangun Reading Habit Mahasiswa Universitas Islam Riau. Lecture, Jurnal Pendidikan, 9 (2), hlm. 168-178. ISSN: 2549-063X

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tohirin. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wahyuni, Sri. (2010). Menumbuhkembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literasi. Jurnal Diksi, 17 (1), hlm. 179-189. ISSN: 2579-6399




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v6i2.12899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung