PELATIHAN TATA BOGA UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERWIRAUSAHA DI BALAI BESAR PENGEMBANGAN LATIHAN KERJA (BBPLK) BEKASI

Addiniya Anwaliya, Nia Hoerniasih, Ratna Sari Dewi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pelatihan tata boga untuk menumbuhkan kemampuan berwirausaha di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi. (2) Mendeskripsikan faktor penghambat pelatihan tata boga untuk menumbuhkan kemampuan berwirausaha di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi. (3) Mendeskripsikan hasil pelatihan tata boga untuk menumbuhkan kemampuan berwirausaha di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi. Adapun subjek penelitiannya adalah: (1) Sumber informan: satu orang ketua jurusan dan satu orang instruktur, (2) Sumber informasi: tiga orang peserta pelatihan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan yaitu orientasi, eksplorasi, dan member check. Analisis data menggunakan koleksi data, redukasi data, penyajian data, dan kesimpulan verifikasi.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan pelatihan tata boga untuk menumbuhkan kemampuan berwirausaha di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi berjalan dengan baik diawali dengan apel pagi untuk melatih kedisiplinan peserta pelatihan sebelum memulai pembelajaran. (2) Faktor penghambat internal tidak adanya minat dan motivasi dalam diri peserta pelatihan, faktor penghambat eksternal kurangnya instruktur dan sarana dan prasarana yang kurang memadai. (3) Hasil yang didapatkan setelah mengikuti pelatihan tata boga peserta pelatihan dapat meningkatkan sikap disiplin diri, pengetahuan, keterampilan dan kemampuan berwirausaha

Kata kunci: Pelatihan Tata Boga, Wirausaha, BBPLK.


Full Text:

PDF

References


Ade Irma Sakina dan Dessy Hasanah Siti A.(2017). Menyoroti Budaya Patriarki Di Indonesia. Etd.repository.ugm.ac.id

Barlian, Eri.(2016). Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Padang: Sukabina.

Dytta Fazrina.(2016). Pemanfaatan Hasil Belajar Pada Pelatihan Keterampilan Mekanik Otomotif.

Eli Yulianti.(2015). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Grand Fatma Hotel Di Tenggarong Kutai Kartanegara. ejournal.adbisnis.fisipunmul.ac.id

Gerung Kabupaten Lombok Barat Tahun 2016. Ojs.ikipmataram.ac.id

Ilyas.(2016). Pendidikan Karakter Melalui Homeshooling. journal.unnes.ac.id

Indra Nugraha.(2016). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru.

Instruksi Presiden Nomor 15 Tahun 1974.

Kamil, Mustofa.(2012). Model Pendidikan dan Pelatihan (konsep dan aplikasi). Bandung: Alfabeta.

M. Khaerul Ma’arif A.(2020). Pelatihan Kesenian Degung Pada Warga Binaan Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Karawang:Unsika.Skripsi.Tidak dipublikasikan.

Manab, Abdul.(2015). Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif). Yogyakarta: Kalimedia.

Moelong, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Selvandes Lanodua.(2017). Analisis Kompetensi Wirausaha Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha.

Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulima Shabrina.(2017). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Manajemen Kelas X Ips Sma Negeri 1 Ketapang Tahun Ajaran 2016/2017.

Utariyani, Rizka & Maskun.(2016). Pengaruh Pelatihan Tata Boga Terhadap Sikap Berwirausaha Warga Belajar di SKB (Sanggar Kegiatan Belajar).

UU Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wayan Widyana, Sapta Rini Widyawati & G. Oka Warmana.(2018). Pengaruh Pemberian Mata Kuliah Kewirausahaan Dan Pelatihan Wirausaha Terhadap Minat Wirausaha Ekonomi Kreatif Pada Mahasiswa UnmasDenpasar. Wayan, et al.

Wiradunung dan Lalu Daneswara.(2019). Hubungan Antara Adveristy Intelligence Dengan Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Wuri Novarinda.(2017). Analisis Pelatihan Dalam Upaya Mengoptimalkan Kinerja Pada Daarul Jannah Cottage Syariah.

Yuniar, Tanti.(2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Agung Media Mulia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v7i1.15297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung