MODEL PEMBELAJARAN DARING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C

Sudadio Sudadio, Rosmiyati Rosmiyati, Ahmad Fauzi

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan model pembelajaran daring (2) hasil penerapan pembelajaran daring (3) faktor pendukung dan penghambat penerapan model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar warga belajar paket C di PKBM Sekar Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik dan pedoman pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi literatur. Sumber data penelitian ini terdiri dari 13 orang, yaitu 3 tutor dan 10 warga belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran daring di PKBM Sekar telah dilakukan dengan cukup baik dilihat dari tahapan persiapan dan pelaksanaan pembelajaran daring meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran (2) hasil pembelajaran daring menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar warga belajar yang dilihat berdasarkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik (3) faktor pendukung penerapan model pembelajaran daring paket C di PKBM Sekar terdiri atas peran tutor dalam mendampingi warga belajar dan sarana dan prasarana sedangkan faktor penghambatnya terdiri atas kurangnya kemampuan peserta didik dalam mengatasi permasalahan website belajar dan jaringan internet.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Daring


Full Text:

PDF

References


Abdulhak, Ishak. (2000). Metodologi Pembelajaran Orang Dewasa. Bandung: CV. Andira

Abdulhak,Ishak dan Ugi Suprayogi. (2012). Penelitian Tindakan Dalam Pendidikan Non Formal. Jakarta: PT Raja Grafindo Pustaka.

Allen, Michael. (2013). Michael Alen’s Guide To E-learning. Canada: John Wiley & Sons.

Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Faisal, Sanapiah. (1981). Pendidikan Nonformal Di Dalam Sistem Pendidikan Dan Pembangunan Nasional. Surabaya: Usaha Offset Printing.

Hamalik, Oemar. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Joesoef, Sulaeman. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Nonformal. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Remaja Rosdakarya.

(2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Remaja Rosdakarya.

Moore, D. Kenneth. (2005). Effective Instructional Strategies From Theory to Practice. London: Sage Publications, Inc.

Mustofa, Kamil. (2011). Pendidikan Non Formal. Bandung: Alfabeta.

Nurgiantoro, Burhan. (1998). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah. Yogyakarta: BPFE.

PP-PAUD Dan Dikmas Jawa Barat. (2016). Model Pembelajaran Paket C Daring. Bandung: PP-PAUD Dan Dikmas Jawa Bara

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar.

Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Raharjo, Tri Joko. (2005). Model Pengembangan Tenaga Kependidikan Tutor Kesetaraan Kejar Paket A, B, dan C. Semarang: UNNES Press.

Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media

Setiana, L. (2005). Teknik Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat. Bogor: Graha Indonesia

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Djuju. (2004). Pendidikan Nonformal. Bandung: Falah Production.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009).

Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v7i1.15306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung