PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) IBNU KAMIL KECAMATAN CIBITUNG KABUPATEN BEKASI

Rukoyah Haqiqi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persiapan proses pembelajaran, Pelaksanaan proses pembelajaran, Hasil atau Evaluasi proses pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan perekaman, analisis data bersifat kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini Langkah-langkah persiapan, Pelaksanaan, Hasil atau evaluasi proses pembelajaran pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Ibnu Kamil diantaranya : (1) Tahap persiapan proses pembelajaran, (2) Tahap pelaksanaan proses pembelajaran dan (3) Tahap akhir hasil atau evaluasi proses pembelajaran. Hasil tersebut siswa dapat memahami materi pembelajaran secara baik, menggunakan metode ceramah. secara keseluruhan Proses pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Ibnu Kamil sudah berjalan dengan baik.  karena setiap Tutor sudah memiliki Modul, Lks dan memiliki RPP untuk bahan materi pembelajaran dalam Proses pembelajaran. dan sudah sesuai dengan tahap-tahap proses pembelajaran sebagaimana mestinya.

Kata kunci : proses pembelajaran pendidikan kesetaraan paket C  


Full Text:

PDF

References


Abdul Majid dan Dian Andayani, 2005. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasin Kurikulum 2004, Bandung Remaja Rosdakarya.

__________, 2006. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar

Kompetensi Guru, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung : Rosdakarya

Ardhiaty, M. (2012). Manajemen Program Kejar Paket C di PKBM Sarana Maju Kota Tegal. Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan. Vol 41. (2:71-75). http://journal.unnes.ac.id. Diakses pada tanggal 15 September 2017.

Aris Kurniawan, 13 Pengertian Analisis Menurut ParaAhli,Tersedia:http://www.gurupendidikan.com/13-pengertian-analisis-menurut-para-ahli-didunia/, Diakses Pada Tanggal 6 April 2016. 3 Ibid. 4Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: PT. Al Maarif, 1981), h. 25.

Dianti, R & Sumarno. (2013). Evaluasi Pelaksanaan Program Paket C di PKBM Al- Muthi’in Banguntapan Bantul. Jurnal Evaluasi Pendidikan.Vol 1. (1:34-47). http://jurnal.student.uny.ac.id. Diakses pada tanggal 12 September 2017.

Daryanto (2010). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Jurnal MODERAT, Volume 4, Nomor 3, Agustus 2018, hlm 53- 63 ISSN: 2442-3777(cetak)Website:https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/modera

Miles, Mathew B., and Huberman A. Maichel . (1992). Analis data kualitatif ; Buku sumber tentang metode - motode baru (penerjemah tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI - PRESS.

Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan dan Pengajaran. . Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Vol.11 No.2

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

M. Sofwan Nugraha, 2015 Pembelajaran Pai Berbasis Media Digital Universitas Pendidikan Indonesia | Model Analisis Miles dan Huberman Sumber : Satori & Komariah (2012, hlm. 218)

Mustofa Kamil. (2011). Pendidikan Nonformal Pengembangan Melalui PKBM di Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Lexy J. Moleong (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Waluyo Adi. (2000). Buku Pegangan Perencanaan Pembelajaran.Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v7i1.15331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung