PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA PESERTA PELATIHAN DI UPTD LATIHAN KERJA KABUPATEN TANGERANG

Dadan Darmawan, Wanda Febryanti, Herlina Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara disiplin belajar terhadap kesiapan kerja peserta pelatihan pada gelombang 4 di UPTD Latihan Kerja Kabupaten Tangerang. Adapun latar belakang penelitian ini yaitu disebabkan oleh terjadinya penurunan antara tingkat pelatihan dan penempatan dan kesiapan kerja yang belum optimal. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 90 responden yang berasal dari gelombang 4, teknik pengumpulan datanya adalah dengan kuesioner atau angket yang disebarkan atau dibagikan kepada para responden. Adapun dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dan untuk menguji tingkat reliabilitasnya dengan menggunakan Cronbanch Alpha dan kemudian data diolah dengan melalui beberapa pengujian, diantaranya uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi berganda, uji T, serta koefisien determinasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa secara parsial disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan keja.

Kata kunci : Disiplin Belajar, Kesiapan Kerja 


Full Text:

PDF

References


Asiyah, S. N. (2017). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri (Prakerin) Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi Di SMK Negeri 3 Bandung. Skripsi. Bandung: Fakultas Pendidikan Ekonomi. UPI.

Daryanto, (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya.

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Irianto, A. 2010. Panduan Pengembangan Organisasi. Yogyakarta: Andi.

Kamil, M. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan; Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Maharani, I. R., & Rahmawati, S. (2010). Pengaruh penerapan disiplin kerja terhadap prestasi kerja pegawai dinas pendidikan Kabupaten Ciamis. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 1(3), 191-203.

Safitri, E., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2013). Pengaruh pelatihan dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(4), 1044-1054.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tiarsih, R. M. (2019). Kontribusi Disiplin Praktik Kerja Tata Hidang dan Keterampilan Tatat Hidang dalam Kompetensi Dasar Pelayanan Makanan dan Minuman di Restoran terhadap Minat Kerja serta dampaknya pada Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri Kompetensi Keahlian Tata Boga Malang. Tesis. Universitas Negeri Malang, Malang.

Utadi, I. (2012). Perbedaan Kesiapan Kerja Antara Mahasiswa Yang Ikut Organisasi dan Mahasiswa Yang Tidak Ikut Organisasi. Skripsi. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Yamin, M. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada Press.

Yapandi (2015) . Life Skills Based in Nation Building Character Value Tauhidullah. Journal Of Education and Practice, 6 (12), 209-233.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v7i1.15332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung