PELATIHAN DESAIN GRAFIS DI UPTD BALAI LATIHAN KERJA KABUPATEN KARAWANG

Risma Damayanti, Dadang Danugiri, Tika Santika

Abstract


Tujuan dari pembuatan artikel ini adalah untuk : Untuk mengetahui bagaimana Proses Pelatihan Desain Grafis di Balai Latihan Kerja Kabupaten Karawang. Untuk mengetahui Faktor Penghambat dan Pendukung Pelatihan Desain Grafis di Balai Latihan Kerja Kabupaten Karawang. Untuk menjawab rumusan masalah penelitian yang telah dirumuskan, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di lembaga BLK Balai Latihan Kerja Kabupaten Karawang. Subjek yang dipakai dipenelitian ini yaitu : Sumber informasi yaitu dua orang peserta pelatihan,  Sumber informan yaitu satu orang pengelola dan satu orang instruktur. Data penelitian diperoleh dari teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan teknik kolesi data, redukasi data, display data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa proses pelatihan itu diawali dari modul dan internet beserta materinya yang diberikan, selain itu ada media ajar yang digunakan yaitu infocus, white boor, handphone, dan komputer. Metode yang digunakan adalah ceramah, tutorial, tanya jawab, dan praktek. Dan untuk penilaiannya melalui tugas, praktek dan teori. Ada juga faktor penghambatnya nya itu mesin percetakannya belum ada berikutnya komputer masih keluaran lama dan intrnetnya masih kurang stabil. Untuk faktor pendukungnya yaitu pelatihan desain grafis ini tidak dipungut biaya (gratis) itu semua udah ditanggung oleh APBN atau APBD beserta makan, baju seragam, sertivikat, dan uang trasport. Lalu sarana dan praarana terdiri dari komputer, printer, kursi, meja, wifi, alat kesehatan, infocus, baju seragam. Untuk kompetensi instruktur desain grafis ini sudah ditunjau angat baik. Mampu menguasai kompetensi pendidik dengan baik.

Kata kunci : pelatihan, desain grafis. 


Full Text:

PDF

References


Kamil, Mustofa. 2010. Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung : Alfabeta

Sappaile, B. I. (2007). KONSEP INSTRUMEN PENELITIAN PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(66), 379-391

Farhan Firdaus, 2014 Perubahan Orientasi Mata Pencarian Pengrajin Logam Desa Cibatu Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi

Jajang Burhanudin, FIB UI, 20010

Gita Khoerunnisa, 2013 Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Militer (Studi Kasus Terhadap Kopda TNI AD Aris Riyanto)

Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif..., h. 186.

Nasution, Metode Reseach, Jakarta: Bumi Aksara, 1996, h. 113.

Masri S dan Sofian E, Metode Penelitian Survey, Jakarta : LP3ES, 1989,H.141.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta. Bina Aksara.

Suharsimi. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1993, h. 20.

Undang-undang nomor 20 Tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional

Murdyanty, M., Ferawaty, F., & Hita, H. (2020). PELATIHAN DESAIN GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA SISWA SMA HUSNI THAMRIN. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 3(2).

Hidayat, D. (2017). Pelatihan keterampilan otomotif untuk meningkatkan kesempatan kerja di balai latihan kerja kabupaten karawang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment. 1(1). 55-63.

Wibawa, B.. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Supardi, S., & Suharsimi, A. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Rochmawati, I. (2020). 09-Fungsi Desain Grafis.

BARI, S. PROSPEK PELAKSANAAN KURSUS KOMPUTER BIDANG DESAIN GRAFIS PADA DUNIA KERJA DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR BONDOWOSO TAHUN 2009.

Hendiyana, I. (2015). PENGARUH LATAR BELAKANG PESERTA DAN PELATIHAN KOMPUTER DESAIN GRAFIS TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA PELATIHAN DI LKP CITRA SARANA BAHASA DAN INFORMATIKA KOTA BANDUNG (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Salinding, R. (2011). Analisis Pengaruh Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Erajaya Swasembada Cabang Makassar. Jurnal Manajemen, 8(1), 83-106.

Irvan, M. (2019). PERAN DESAINER GRAFIS DALAM PEMBUATAN BANNER DI PERCETAKAN ASSA GRAFIKA YOGYAKARTA (Doctoral dissertation, Stikom Yogyakarta).

Pongsibidang, R. (2014). Peran Pelatihan Organic Gardening Home Terhadap Peserta Pelatihan Dan Implementasinya (Doctoral dissertation).




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v7i1.15333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung