PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN AL ISRA KECAMATAN MAJALAYA KABUPATEN KARAWANG

Nita Lasmana, Nia Hoerniasih, Ratna Sari Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan proses penerapan pendidikan karakter dan (2)Mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses penerapan pendidikan karakter di pondok pesantren Al Isra kecamatan Majalaya kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dengan metode syudi kasus, penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Al Isra Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang. Adapun subjek penelitiannya adalah: (1) Sumber informan: satu orang pimpinan pondok dan satu orang pengasuh pondok, (2) Sumber informasi: tiga orang santri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan yaitu orientasi, eksplorasi, dan member check. Analisis data menggunakan koleksi data, redukasi data, penyajian data, dan kesimpulan verifikasi.  Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan bahwa: (1) Proses penerapan pendidikan karakter pada santri di pondok pesantren Al Isra kecamatan Majalaya kabupaten Karawang dilakukan melalui beberapa kegiatan diantaranya; a) Kegiatan Belajar Mengajar, b) Bimbingan Tata Cara Ibadah, c) Bimbingan Baca Tulis Qur’an, d) Kegiatan Ekstrakurikuler dan, d) Menegur Santri. (2) Faktor pendukung dan penghambat proses penerapan pendidikan karakter yaitu, a) faktor pendukung; Para santri yang memiliki motivasi yang kuat dan adanya dukungan dari orangtua, banyaknya kegiatan santri, kualitas pendidik yang bagus, keamanan lingkungan pondok pesantren; b) faktor penghambat; faktor internal, latar belakang keluarga santri dan adanya rasa malas dan bosan dalam diri santri; faktor eksternal, kurangnya pengawasan langsung oleh ustad-ustadzah, prasarana yang belum lengkap, lingkungan pondok yang tidak dipagari, adanya pengaruh teman di luar sekolah, dan kemajuan IPTEK). 

Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Pondok Pesantren


Full Text:

PDF

References


Alwi, Marjani. (2013). Pondok Pesantren: Ciri Khas, Perkembangan, Dan Sistem Pendidikannya. Lentera Pendidika .(online). Volume 16 No. 2:205-219. Tersedia: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/509. diakses pada [2 Januari 2021].

Ananda, Rusydi dan Banurea, Odi. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Medan: CV. Widya Puspita. hal 30.

Anwar, Muhammad. (2017). Filsafat Pendidikan. Makassar: Kencana.

Arifin, Muhammad dan Elfrianto. (2017). Manajemen Pendidikan Masa Kini. Medan: UMSU Press. hal 141.

Arifin, Samsul, Bambang, Rusdiana. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: CV Pustaka Setia.

Departemen Pendidikan Nasional, Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Dokumen Undang-undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Dokumen Undang-undang Republik Indonesia. Nomor 18 Tahun 2019. Tentang Pesantren. (online). Tersedia:https://www.jogloabang.com/sites/default/files/dokumen/uu18_2019_pesantren.pdf. diakses pada [8 Maret 2021].

Efrianto, Arifin. (2017). Manajemen Pendidikan Masa Kini. Meda: UMSU Press.

Hardani, Andriani, Ustiawaty, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group.

Indrawan, Irjus, dkk. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter. Jawa Tengah: CV Pena Persada.

Johansyah. (2011). Pendidikan Karakter Dalam Islam; Kajian Dari Aspek Metodologis.(online). Jurnal Volume XI, Nomor 1. Tersedia: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/islamfutura/article/view/63/58. diakses pada [8 Maret 2021].

Kementrian Pendidikan Nasional. (2010). Rencana Aksi Pendidikan Karakterkementrian Pendidikan Nasional 2010-2014. (online). Tersedia : https://muhsinpamungkas.files.wordpress.com/2011/05/naskah-ran-kemendiknas-rev-2.pdf. diakses pada [8 Maret 2021].

Kesuma Dahrma, Cepi Triatna dan Johar Permana. (2012). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kusumawati, Dwi, Rizky. (2015). Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Ashabul Kahfi Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Moleong, Lexy J, (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhammad Idrus. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Edisi Kedua. Yogyakarta: Erlangga.

Pemerintah Republik Indonesia. (2010). Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa Tahun 2010-2025.(online). Tersedia: http://new-indonesia.org/beranda/images/upload/dok/kurikulum/kebijakan-nasional pembangunan-karakter-bangsa-2010-2025.pdf. diakses pada [8 Maret 2021].

Purnomo Hadi. (2017). Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren. Yogyakarta: CV bildung Nusantara.

Rachman, Maman. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Moral. Semarang: UNNES Press.

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.

Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Universitas Islam Jakarta.

Ramly, Mansyur. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter[Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan]. Jakarta. Kemendiknas.

Safaruddin, Yahya. (2016). Model Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren (Studi Kasus di Pondok Modern Al-Syaikh Abdul Wahid, Kota Baubau Selawesi Tenggara). Tesis. Tidak diterbitkan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.

Safe’i, Imam. (2017). Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8, No 1.

Sari,Eliana. (2019). Manajemen Lingkungan Pendidikan Implementasi Teori Manajemen Pendidikan Pada Pengelolaan Lingkungan Sekolah Berkelanjutan. Jakarta: uwais Press. hal 6 dan 7.

Sudjana. (2000). Pendidikan Luar Sekolah :Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah & Teori Pendukung serta Asas. Bandung: Falah Production.

Sudjana. (2004). Kualifikasi Tujuan Pendidikan. Bandung: Falah.

Sudjana. (2007). Sistem Manajemen dan Pelatihan :Teori dan Pelatihan. Bandung: Falah Production.

Sugiyono, dkk. (2014). Pendidikan Beretika & Berbudaya. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. hal 4.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutrisno.(2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta. (online). Jurnal:Vol 6, No. 5 Tahun 2017. Tersedia: http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/article/view/8439. diakses pada [8 Maret 2021].

Zuhriy, Syaifuddien. (2011). Budaya Pesantren Dan Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf.(online). Jurnal Walisongo, Volume 19, Nomor 2. Tersedia: https://journal.walisongo.ac.id/index.php/walisongo/article/viewFile/159/140. diakses pada [8 Maret 2021].




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v7i2.17618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung