IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM ABDI PERTIWI KOTA SERANG

Herlina Siregar, Dadan Darmawan, Ila Rosmilawati, Lamtiurma Margaretha Samosir

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran blended learning pada Pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Abdi Pertiwi Kota Serang. Penelitiani ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data atau informasi diperoleh dari 2 tutor dan 1 pengelola PKBM Abdi Pertiwi yang terletak di kota serang. Adapun Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran blended learning pada pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Abdi Pertiwi Kota Serang tahap pertama yaitu perencanaan pembelajaran blended learning bertujuan untuk mempersiapkan segala sesutau yang mendukung dalam proses pembelajaran seperti merumuskan tujuan pembelajaran dan merancang RPP, pembelajaran online pada pembelajaran blended learning bersifat fleksibel yang bisa dilakukan kapan dan dimana saja, sedangkan pembelajaran tatap mukan menggunakan sistem shift, dan penilaian dilakukan terhadap warga belajar melalui pembelajaran tatap muka dan online.

Kata Kunci : Blended Learning, Pendidikan Kesetaraan, PKBM


Full Text:

PDF

References


Aryani, A. (2021). Model Blended Learning pada Diklat Teknis Substantif Tematik Madrasah Ibtidaiyah. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 9(1), 33-42.

Darmawan, D., & Rosmilawati, I. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Pada Program Paket C di Lembaga PKBM Negeri 21 Tebet Timur Jakarta.Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E- Plus), Vol. 5, No. 1.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 2 No. 1, Hal. 55- 61.

Djumena, I. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Orang Dewasa Pada Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah FKIP Untirta. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E- Plus), Vol. 1, No. 1

Dwiyogo, W. D. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Fajar, H. M., & Andriani, A. (2021). Sikap Tanggung Jawab Peserta Didik Pada Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Platform Whatsapp Group Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 2 Pliken Banyumas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 4(2), 408-418.

Ishak, Abdulhak. (2013). Penelitian Tindakan dalam Pendidikan Nonformal. Jakarta: PT Rahagrafindo Persada.

Kasenda, L. M., & Sentinuwo, S. (2016). Sistem monitoring kognitif, afektif dan psikomotorik siswa berbasis android. Jurnal Teknik Informatika, 9(1).

Kisworo, B. (2017). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Prinsip- Prinsip Pendidikan Orang Dewasa Pkbm Indonesia Pusaka Ngaliyan Kota Semarang. Journal of Nonformal Education, Vol. 3, No. 1, Hal. 80-86.

Muqodas, I. (2015). Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(2).

Mustafa, K. (2014). Andragogi. Bandung: Jurnal: Universitas Pendidikan Indonesia.

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif.Solo: Cakra Books, 1(1).

Setiawan, A., Nurlaela, L., & Yundra, E. (2019). Pengembangan e learning sebagai media pembelajaran pendidikan vokasi. In Prosiding Seminar Nasional SANTIKA Ke-1 2019 (pp. 52-56).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tambunan, H., Silitonga, M., & Sidabutar, U. B. (2020).Blended Learning dengan Ragam Gaya Belajar. Yayasan Kita Menulis.

Wijoyo, H., Junita, A., Kristianti, L. S., Santamoko, R., Handoko, A. L., Yonata, H., ... & Prasada, D. (2020). Blended Learning: Suatu Panduan. Solok: CV. Insan Cendekia Mandi




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v7i2.17621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung