UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENILAIAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS)

Masduki Masduki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam membuat soal kategori Order Thinking Skills (HOTS dan menerapkan dalam penilaian di kelas. Rumusan masalah yang peneliti susun adalah Bagaimanakah pelaksanaan supervisi akademik dalam meningkatkan kemampuan guru dalam membuat soal kategori HOTS di Sekolah Dasar (SD) di SDN Pamarayan 1 kecamatan Jiput kabupaten Pandeglang semester 1 (ganjil) tahun pelajaran 2019/2020”?. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pamarayan 1 kecamatan Jiput kabupaten Pandeglang. Penelitian dilakukan dalam waktu 3 bulan yaitu Agustus, September dan Oktober 2019.  Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan keterampilan guru dalam membuat soal kategori Order Thinking Skills  (HOTS). Diperoleh nilai rata-rata kemampuan guru dalam pembuatan soal kategori Order Thinking Skills  (HOTS) sebesar 62,65 dengan kategori Cukup. Sedangkan perolehan nilai rata-rata naik menjadi menjadi 85,51 dengan kategori Baik. Sehingga terjadi kenaikan perolehan nilai rata-rata kemampuan guru dalam pembuatan soal kategori HOTS sebesar 19,89 poin. Dengan demikian dapat disimpulkan  Perolehan data ditemukan bahwa kegiatan supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi guru akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pembuatan soal kategori Order Thinking Skills  (HOTS) khususnya di SDN Pamarayan 1 kecamatan Jiput kabupaten Pandeglang.

Kata Kunci: Kemampuan Guru, Soal Kategori Hots, Dan Supervisi Akademik

References


Amelia, Maria Agustina. 2016. Analisis Soal Tes Hasil Belajar High Order Thinking Skills (HOTS) Matematika Materi Pecahan untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian, (Online), Vol. 20, No. 20, (http://e-journal.usd.ac.id, diakses 2 Desember 2019).

Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Daresh, J.C. 1989. Supervision as a Proactive Processes White Plains.NY: Longman.

Daradjat, Zakiyah. 1980. Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang.

Dewi, Kurniawati Eni . 2009. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Dan Sastra Indonesia Dengan Pendekatan Tematis. Tesis. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Depdiknas. 2003. UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007a tentang Standar Proses. Jakarta: Depdiknas.

Alat Penilaian Kemampuan Guru. Jakarta: Depdiknas.

Petunjuk Teknis Pembuatan Laporan Penelitian Tindakan Sekolah

Fatihah, RM . 2008. Pengertian konseling (Http://eko13.wordpress.com, diakses 19 Maret 2009).

Fajriyah, Khusnul dan Ferina Agustini. 2017. Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SD Pilot Project Kurikulum 2013 Kota Semarang. Jurnal Kreatif:Jurnal Kependidikan Dasar, (Online), Vol. 8, No. 1, (http://journal.unnes.ac.id, diakses 2 Desember 2019).

Glikman, C.D. 1981. Development Supervision Alternative Practices for Helping Teachers. New York : Holt, Rinehart and Winston.

Hoetomo. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: PT Mitra Pelajar

Hoetomo. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: PT Mitra Pelajar

Imron, Ali. 2000. Pembinaan Guru Di Indonesia. Malang: Pustaka Jaya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 : Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Kemendiknas. 2010. Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta.

Supervisi Akademik. Jakarta.

Kemendikbud. 2018. Buku Penilaian Berorientasi pada Higher Order Thinking Skills: Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Jakarta: Kemendikbud.

Kumaidi. 2008. Sistem Sertifikasi (http://massofa.wordpress.com diakses 10 Agustus 2009).

Kunandar. 2008. Guru Profesional Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Grafindo Persada.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maharani, Esthi. 2018. Kemendikbud Akui Banyak Guru Salah Persepsi Terkait HOTS. Dalam Republika.co.id, 27 Desember 2018. Jakarta.

Majid, Abdul dan Chaerul Rochman. 2014. Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyasa, E. 2009. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nawawi, Hadari. 1985. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Naim, Ngainun. 2009. Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurdin, Muhammad. 2010. Kiat Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses.

PP Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru.

Purwanto, Ngalim.2009. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman, 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Rushdie, Salman. 2012. Tuntutan Menjadi Guru Favorit. Yogyakarta: Flash Books.

Sanusi, A. 2013. Kepemimpinan Pendidikan: Strategi Pembaruan, Semangat Pengabdian, Manajemen Modern. Bandung: Nuansa Cendekia

Sudjana, Nana. 2009. Standar Kompetensi Pengawas Dimensi dan Indikator. Jakarta : Binamitra Publishing.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suharjono. 2003. Menyusun Usulan Penelitian. Jakarta: Makalah Disajikan

pada Kegiatan Pelatihan Teknis Tenaga Fungsional Pengawas.

Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi kedua

UU Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v7i2.17627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung