RASA SYUKUR DALAM KETERBATASAN: SEBUAH MAKNA WARGA BELAJAR PENDIDIKAN NONFORMAL DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN

Moh Fikri Tanzil Mutaqin, Hidayatullah Haila, Sudadio Sudadio

Abstract


Fenomena serius dan kompleks pada warga belajar pendidikan kesetaraan dengan status narapidana, karena kehidupan dipenjara memiliki dinamika yang berkaitan dengan kondisi psikologis, fisik, maupun lingkungan sosial. Serta terjadinya perubahan kultur kehidupan saat di lembaga pemasyarakatan dengan kultur sebelumnya. Kondisi umum dinamika kehidupan di lembaga pemasyarakatan berpotensi memicu menurunnya kualitas kesehatan mental, kebahagiaan, dan kepuasan hidup narapidana. Artikel ini menyelidik secara eksploratif dengan grouded theori approach mengungkap cara naraipadana memandang kebersyukuran dalam kondisi keterbatasan. Pembahasan menggunakan konstruksi teori Man’s Search for Meaning yang dipopulerkan oleh Victor E. Frankl. Hasil eksplorasi menujukkan bahwa kehadiran pendidikan kesetaraan membuat pandangan narapidana lebih konstruktif, dimana perasaan beryukur menjadi makna yang ada dalam kondisi keterbatasan.

Kata Kunci: Keberyukuran, Narapidana, Pendidikan Kesetaraan


Full Text:

PDF

References


Al-Seheel, A. Y. (2014). Gratitude Intervention and Happiness: An Experimental Investigation on IIUM Students. In Proceeding 8 International Postgraduate Research Colloquium (PRC), 22, 12.

Budiman, W. (2018). Finding Sustainable Happiness-. PT Elex Media Komputindo.

Corona, K., Senft, N., Campos, B., Chen, C., Shiota, M., & Chentsova-Dutton, Y. E. (2019). Ethnic variation in gratitude and well-being. Emotion. http://dx.doi.org.helicon.vuw.ac.nz/10.1037/emo0000582

Emmons, R. A., & Crumpler, C. A. (2000). Gratitude as a human strength: Appraising the evidence. Journal of Social and Clinical Psychology, 19(1), 56–69. https://doi.org/10.1521/jscp.2000.19.1.56

Emmons, R. A., & McCullough, M. E. (2003). Counting blessings versus burdens: An experimental investigation of gratitude and subjective well-being in daily life. Journal of Personality and Social Psychology, 84(2), 377–389. https://doi.org/10.1037/0022-3514.84.2.377

Epicurus, E. (2019). The Art of Happines (C. F. Permata, Penerj.). Basabasi.

Frankl, V. E. (2006). Man’s Search For Meaning. Beacon Press.

Froh, J. J., Fan, J., Emmons, R. A., Bono, G., Huebner, E. S., & Watkins, P. (2011). Measuring gratitude in youth: Assessing the psychometric properties of adult gratitude scales in children and adolescents. Psychological Assessment, 23(2), 311–324. https://doi.org/10.1037/a0021590

Froh, J. J., Yurkewicz, C., & Kashdan, T. B. (2009). Gratitude and subjective well-being in early adolescence: Examining gender differences. Journal of Adolescence, 32(3), 633–650. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2008.06.006

Kusumaningsih, L. P. S. (2016). STUDI KASUS: DERAJAT SOCIAL ANXIETYPADA NARAPIDANA DI LAPAS BREBES. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 8(1), 14–19.

Lopez, S. J. (Ed.). (2009). Encyclopedia of positive psychology. Wiley-Blackwell.

Misiak, H., & Sexton, V. S. (2009). Phenomenological, Existensial, and Humanistic Psychologies; A Historical Survey. PT Reflika Aditama.

Park, Y., Impett, E. A., MacDonald, G., & Lemay, E. P. (2019). Saying “thank you”: Partners’ expressions of gratitude protect relationship satisfaction and commitment from the harmful effects of attachment insecurity. Journal of Personality and Social Psychology, 117(4), 773–806. http://dx.doi.org.helicon.vuw.ac.nz/10.1037/pspi0000178

Rosmilawati, I. (2018). Jalan Panjang Menuju Sekolah Alternatif: Refleksi Pengalaman Remaja Kurang Beruntung Dalam Meraih Pendidikan. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 2(1). https://doi.org/10.30870/e-plus.v2i1.2952

Utami, P. N. (2017). Keadilan Bagi Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan. Jurnal Penelitian Hukum De Jure, 17(3), 381. https://doi.org/10.30641/dejure.2017.V17.381-394

Walkins, P. C., Woodward, T., Stone, K., & Kolts, R. L. (2003). Gratitude and happiness: Development of a measure of gratitude and relationships with subjective well-being. Social Behavior and Personality: An international journal, 31, 431–452.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v7i2.17629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung