IMPLEMENTASI KONSEP PLANNING, ORGANIZING, ACTUATING, CONTROLLING DALAM PENGELOLAAN PROGRAM KURSUS MENGEMUDI

Dimas Erlangga, Andrie Chaerul, Ahmad Syahid

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan implementasi Planning, Organizing, Actuating, Controlling serta faktor penghambat dari implementasi POAC dalam pengelolaan program pada kursus mengemudi lembaga kursus pelatihan Cepat Tepat. Konsep George Robert Terry (2007:31) “Manajemen merupakan proses yang khas, di implementasikan untuk menentukan dan mencapai sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia serta sumber lainnya”. Pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk subyek penelitian terbagi kedalam dua orang pengelola, satu orang instruktur, dua orang peserta didik dan satu orang lulusan program kursus mengemudi lembaga kursus dan pelatihan Cepat Tepat. Analisa penelitian yang diperoleh terdapat empat tahapan dan faktor penghambat, diawali dari identifikasi kebutuhan masyarakat dalam tahap perencanaan. Pengorganisasian dilakukan dengan melibatkan pengelola dan intsruktur sebagai pendidik dan tenaga kependidikan. Pelaksanaan  dilakukan setiap hari. Media, strategi dan metode pembelajaran  dikembalikan kepada instruktur. Pengawasan dilakukan dengan cara melihat langsung proses latihan oleh instruktur serta setiap ada masukan dari peserta didik akan dilakukan evaluasi oleh pimpinan. Faktor penghambat terjadi dalam proses pelaksanaan ketika pserta didik tidak membawa buku absensi penilaian. Saran Lembaga dapat merapihkan administrasi agar memudahkan peserta didik

Full Text:

PDF

References


Karawang New Industry City. (2019). Kota Industri Karawang merupakan yang Terbesar di Indonesia. Diambil dari https://knic.co.id/id/kota-industri-karawang-merupakan-yang-terbesar-di-indonesia

Majid, Abdul. (2013). Strategi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maujud, Fathul. (2018). Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus Pengelolaan Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan). Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1), 31–51.

Moleong, Lexy J. (2002). Metodologi penelitian kualitatif.

Pratama, Rheza. (2020). Pengantar Manajemen. Deepublish.

Purwanto, E. A., & Sulistyastuti, D. R. (2012). Implementation of Public Policy: Concepts and Applications in Indonesia. Gava Media. Yogyakarta.

Rohman, Abd. (2017). Buku Dasar-Dasar Manajemen. Intelegensia Media.

Sanjaya, Wina. (2008). Kurikulum dan pembelajaran teori dan praktik pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP).

Sari, Ulan, Hidayat, Dayat, & Santika, Tika. (2021). INCREASING STUDENT ’ S COMPETENCE THROUGH GRAPHIC DESIGN TRAINING PROGRAM AT BALAI. 10, 143–148.

Sudaryat, Yayat. (2010). Manajemen Pelatihan. Artikel. Diunduh di http://file. upi. edu/Direktori/FPBS/JUR. _Pend. _Bahasa_Daerah/196302101987031yayat_Sudaryat/Mkl_Bind/Manajemen_Pelatihan. Pdf pada tanggal, 15.

Sugiyono, Prof Dr. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: CV. ALVABETA.

Suharsimi, Arikunto. (2006). metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Sutarto, Ahmad Husein Joko. (2017). Pembelajaran Kursus Menjahit di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Nissan Fortuna Kabupaten Kudus. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 2(1).

Talibo, Ishak. (2018). Fungsi Manajemen dalam Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 7(1).

Terry, George R. (2009). Prinsip-prinsip manajemen cetakan 10. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Terry, George R. (2021). Dasar-Dasar Manajemen Edisi Revisi. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v8i1.22370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung