IMPLEMENTASI PROGRAM PELATIHAN KETERAMPILAN MENJAHIT BAGI WARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM ASSHOLAHIYAH CILAMAYA KULON KABUPATEN KARAWANG

Azis Maulana Imam, Dayat Hidayat, Ratna Sari Dewi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini menjelaskan : (1) Implementasi program keterampilan menjahit bagi warga belajar paket C di PKBM Assholahiyah Kabupaten Karawang, (2) Hasil implementasi program keterampilan menjahit di PKBM Assholahiyah Kabupaten Karawang, (3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi program keterampilan menjahit di PKBM Assholahiyah Kabupaten Karawang. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi, dengan subyek penelitian 1 penyelenggara, 1 tutor dan 2 warga belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Implementasi program pelatihan keterampilan menjahit bagi warga belajar paket C di PKBM Assholahiyah sudah terstruktur dan cukup baik dengan adanya metode tersendiri yang dapat membantu tutor dalam menyampaikan materi kepada warga belajar, (2) Hasil dari pelatihan yaitu pembuatan masker, pembuatan baju serta celana kolor, bagaimana cara menjahit baju atau celana yang robek dan mengetahui tentang perawatan mesin. (3) Faktor pendukung program pelatihan keterampilan menjahit yaitu adanya motivasi dari tutor dan diri warga belajar dan faktor penghambatnya adalah jarak PKBM yang jauh serta adanya faktor non teknis seperti mesin jahit yang tiba-tiba mati karena listrik padam.


Full Text:

PDF

References


Alghiffari, Ahmad Mujahidin. 2020. "Implementasi Program Kursus Autocad di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Prisma Komputer Kab. Karawang". Skripsi. Karawang : Universitas Singaperbangsa Karawang.

Arif Zainudin. 1984. "Andragogi". Bandung: Angkasa,

Burhan Bungin. 2011. "Metodologi Penelitian Kualitatif". Jakarta: Kencana.

Desmita. 2009. "Psikologi Perkembangan Peserta Didik". Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ermalena, Siti Sarah. 2016. "Efektivitas Penggunaan Modul Keterampilan Dasar Menjahit Pada Hasil Belajar Menjahit di Panti Asuhan Daarul Hadlonah". Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Kurnia S, Wira. 2006. "Pendidikan Keterampilan Sebagai Upaya Pemberdayaan Siswa". Malang: Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahimm

Listyono. 2011. "Orientasi Life Skill dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dengan Pendekatan Sets". Surabaya: Perpustakaan UIN Sunan Ampel.

Maftuhin. 2016. "Pendidikan Sosial Budaya". Bandung: CV. Maulana Media Grafika

M. Fathurrohman dan Sulistyorini. 2012. "Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam". Yogyakarta: Teras.

Pribadi, Benny A. 2014. "Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi dalam Implementasi Model ADDIE". Jakarta: Kencana.

Senjawati, Riski Arum. 2015. "Motivasi Warga Belajar Dalam Mengikuti Pendidikan Kesetaraan Program Kelompok Belajar Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Tunas Bangsa Brebes". Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sudjana Djudju. 2006. "Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah". Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Peneletian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutarto dkk. 2008. "IPS 3". Klaten: Jp Books.

Rohani Entoh. 2017. "Manajemen Pengembangan Program Pendidikan Nonformal". Yogyakarta: Deepublish.

Ulfah Nazula. 2017. "Implementasi Program Kecakapan Hidup Melalui Pelatihan Menjahit di Pondok Pesantren Alhamdulillah Kemadu Rembang". Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Prasetyo Bagus. Menilik Kesiapan Dunia Ketenagakerjaan Indonesia Menghadapi MEA. Jurnal Rechts Vinding. Issn : 2089.9009

Emma A. (04 November 2020). Macam-macam jahitan pemula. Diakses dari https://laundry.drop.id/blog/d-laundry/macam-macam-jahitan-pemula/ (Diakses pada tanggal 20 Maret 2022).

Kurniawan, A. (03 Januari 2021). Pengertian Implementasi. Diakses dari gurupendidikan.co.id:https://www.gurupendidikan.co.id/pengertianimplementasi/ (Diakses pada tanggal 30 April 2022).

BPS (Badan Pusat Statistik). (2013). Pencari Kerja Terdaftar, Lowongan Kerja Terdaftar, dan Penempatan/Pemenuhan Tenaga Kerja. Diakses dari http://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/98 (Diakses pada tanggal 25 April 2022, Jam 16.48 WIB.)




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v8i1.22371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung