PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MASYARAKAT DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Elisabeth Angelia Sucityaswati, Ayu Rasmini Simanungkalit, Desta Indah Fitriana, Bayu Adi Laksono

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar Mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19. Subyek pada penelitian ini yaitu Mahasiswa jurusan Pendidikan Masyarakat tahun 2019 di Universitas Siliwangi dengan sampel sebanyak 35 Mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, uji prasyarat analisis data dengan uji normalitas dan uji heterokedastisitas, teknik uji hipotesis dengan uji regresi linier sederhana dan uji korelasi product moment. Hasil pengujian prasyarat menunjukkan bahwa kelompok data berdistribusi normal dan asumsi heteroskedastisitas terpenuhi. Pada hasil pengujian hipotesis memperlihatkan bahwa ditemukan adanya pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar, nilai sig. sebesar 0,000 > 0,05 dan kemandirian belajar berkontribusi sebesar 71,2% dalam mempengaruhi hasil belajar Mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh. Dengan adanya hasil penelitian ini, Mahasiswa diharapkan dapat menjadikannya sebagai referensi pada upaya peningkatan hasil belajarnya dengan bersikap mandiri dalam belajar.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131–146. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659

Febriastuti, Y. D., Linuwih, S., & Hartono. (2013). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 2 Geyer melalui Pembelajaran Inkuiri Berbasis Proyek. Unnes Physics Education Journal, 2(1), 27–33.

Furkan, F., Sya, A., Purwanto, A., & Astra, I. M. (2021). Tantangan Guru dalam Penggunaan Metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3877–3883. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.743

Gunawan, M. A. (2015). Statistik Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Sosial (1st ed.). Parama Publishing.

Kahfi, A. (2020). Tantangan Dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19. Dirasah, 03(2), 137–154.

Lusi, L. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas IV DI SD Negeri 66 Kota Bengkulu. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Misdalina, Lestari Ningsih, Y., & Marhamah. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Seminar Nasional Pendidikan PGRI.

Nanda Hanief, Y., & Himawanto, W. (2017). Statistik Pendidikan. In Media Akademi (1st ed.). CV Budi Utama. https://doi.org/10.31227/osf.io/judwx

Ricardo, & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188–201. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108

Siagian, H., Pangaribuan, J. J., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1363–1369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.528

Sugandi, A. I. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Setting Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMA. Infinity Journal, 2(2), 144. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.31

Widayah, S. N. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan di SDN Gugus dr. Cipto Mangunkusumo Kabupaten Pati. Universitas Negerei Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v8i1.22373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung