PENERAPAN EVALUASI MODEL CIPP PADA PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI PAUD AL- FATTAH JAKARTA

Dimiyati Dyas Anindita, Dayat Hidayat, Safuri Musa

Abstract


Pusat Data dan Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan persentase Angka Partisipasi Kasar program Pendidikan Anak Usia Dini di DKI Jakarta 2021 cukup rendah yaitu sekitar 20,53 %. Sehubung hal tersebut, kuantitas dan kualitas pelayanan program Pendidikan Anak Usia Dini perlu ditingkatkan untuk mempersiapkan anak memasuki jenjang pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program di PAUD Al- Fattah dengan menggunakan pendekatan CIPP, yang meliputi Context, Input, Process, and Product. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian tergolong penelitian evaluatif. Subjek penelitian meliputi pengelola, tutor, dan orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat digambarkan, sebagai berikut: (a) Context: Program yang dijalankan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan belajar anak usia dini. (b) Input:  Pengalaman dan latar belakang pendidikan tutor sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi Standar Nasional Pendidikan sehingga motivasi belajar peserta didik cukup baik yang diperlihatkan dari kehadiran dan keaktifan anak selama proses pembelajaran. Sarana dan prasarana, khususnya alat permainan edukatif memadai. Pembelajaran menggunakan Kurikulum 2013 mengusung nilai islami. Pendanaan penyelenggaraan program berasal dari orang tua peserta didik dan pemerintah. (c) Process: pembelajaran berlangsung dengan kondusif sesuai rencana tutor. Metode belajar yang diterapkan mendorong partisipasi belajar. (d) Product: Ketercapaian tujuan program sesuai dengan pembelajaran anak usia dini berdasarkan kelompok usianya. Hasil yang diperoleh peserta didik yaitu anak memiliki keterampilan belajar untuk mempersiapkan diri memasuki jenjang pendidikan dasar.


Full Text:

PDF

References


A.M., Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafiindo Persada

Arifin, Zainal. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Haryanto. (2020). Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). Yogyakarta: UNY Press

Jabar, C.S.A., & Arikunto, S. (2018). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Musa, S., & Uthartianty, R. (2019). The Efforts of Early-Childhood Education Managers in Achieving Accreditation to Improve the Quality of Education Organization. Journal of Nonformal Education 5(2) 138-144. https://doi.org/10.15294/jne.v5i2.20206

Mutrofin. (2010). Evaluasi Program Teks Pilihan Untuk Pemula. Bandung: Laksbang Pressindo.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. (2009). Jakarta: Sistem Informasi Perundang- Undangan dan Hukum Kementerian Agama RI.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 18 Tentang Penyediaan Layanan Pendidikan Anak Usia Dini. (2018). Jakarta: Badan Pemeriksaan Keuangan RI.

Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). APK & APM PAUD, SD, SMP, dan SM. Jakarta.: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Statistik Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan

Rafinda, T., Ananda, R. (2021). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Medan: Perdana Publishing

Sujarwo. (2013). Pembelajaran Orang Dewasa (Metode dan Teknik). Yogyakarta: Venus Gold Press.

Sukardi. (2011). Evaluasi Pendidikan: Prinsip Dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syahrum & Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Citapustaka Media.

Siswanto. (2013). Membangun Motivasi Belajar Pendidikan Nonfornal. Semarang: UNNES Press.

Utami, W.Y.D., Jamaris, M., Meilanie, S.M. (2020). Evaluasi Program Pengelolaan Lembaga PAUD Di Kabupaten Serang. Jurnal Obsesi: Pendidikan Anak Usia Dini 4(1):67-76. https://obsesi.or.id/10.31004/obsesi.v4i1.259.

Rusdiana, H.A & Ratnawulan, Elis. (2014). Evaluasi Program Pembelajaran Dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Rusdiana, H.A. (2017). Manajemen Evaluasi Program Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Meilya, I.K & Syamsi, Ibnu. (2014). Evaluasi Program Pelatihan In-House Training Pembelajaran Paket C Di Sanggar Kegiatan Belajar Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. 2(2): 156-174.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v8i1.22377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung