PERAN PENGELOLA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR PAUD MY LITTLE HOUSE PRESCHOOL KARAWANG

Windi Nurmala, Tika Santika, Abdul Muis

Abstract


Bertujuan untuk mendeskripsikan peran pengelola serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kompetensi pedagogik tutor di PAUD My Little House Preschool Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian satu orang penyelenggara, satu orang pengelola dan dua orang tutor di PAUD My Little House Preschool. Hasil penelitian ini, peran pengelola dalam meningkatkan kompetensi pedagogik tutor yaitu dengan mengikutsertakan tutor dalam diklat dasar yang diselenggarakan oleh dinas pendidikan, membekalkan tutor dengan pedoman mengajar, hingga melakukan evaluasi tutor secara berkala. Faktor pendukung internal dalam meningkatkan kompetensi pedagogik tutor latar belakang pendidikan semua tutor Sarjana (S1), etos kerja tutor yang sudah cukup baik. Faktor pendukung eksternal berupa lingkungan kerja yang sehat, saling mendukung dan sarana prasarana yang memadai. Faktor penghambat berasal dari faktor internal yaitu latar pendidikan tutor yang ada tidak sesuai standar Permendikbud no 16 tahun 2007 pasal 1 yang menyatakan bahwa guru atau tutor harus memiliki kualifikasi akademik minimum diploma empat (D-4) atau Sarjana (S1) dalam bidang pendidikan anak usia dini atau psikologi, sedangkat tutor PAUD My Little House Preschool memiliki latar belakang pendidikan Sarjana (S1) Pendidikan Bahasa Inggris. Kesimpulan dari penelitian ini peran pengelola PAUD dalam meningkatkan kompetensi pedagogik tutor sudah cukup baik, hal tersebut dapat dilihat dari upaya-upaya yang dilakukan oleh pengelola terhadap tutor.

 


Full Text:

PDF

References


Mahnun, N. (2012). MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana, D. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah Untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suyanto, S. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: depdiknas.

Penjelasan tentang Permendikbud nomor 137 tahun 2014

Penjelasan tentang Permendikbud nomor 16 tahun 2007 pasal 1

Penjelasan tentang UU No.14 tahun 2005 (UUGD)

Penjelasan Pasal 28 ayat (3) butir (a) PP 19 Tahun 2005 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi guru




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v8i1.22380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung