PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN MASYARAKAT DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT TIM SUARA MASYARAKAT DAWUAN CIKAMPEK

Maulina Nur Afifah, Dayat Hidayat, Safuri Musa

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) unsur-unsur masyarakat yang ikut berpartisipasi; (2) bentuk-bentuk partisipasi masyarakat; dan, (3) faktor pendukung dan faktor penghambat partisipasi masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan di PKBM Tim Suara Masyarakat Dawuan Cikampek. Subjek pada penelitian ini terdiri dari pengelola PKBM dan warga masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar PKBM. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: (1) partisipasi masyarakat sudah cukup baik dilihat dengan adanya berbagai unsur masyarakat yang terlibat diantaranya: tokoh masyarakat yakni RT dan RW; komunitas LPI (Lingkaran Pemuda Irigasi); masyarakat yang berkontribusi dalam kegiatan pembelajaran menjadi peserta didik, dan sebagai tutor/ instruktur pelatihan untuk melakukan praktikum pada setiap program pelatihan (menjahit, las listrik, servis komputer, dan servis AC); dan masyarakat donatur tidak tetap; Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dari PT. Pupuk Kujang dan PLN; serta pemerintah baik pemerintah daerah (Pemda Kabupaten Karawang), maupun pemerintah pusat (Kemdikbud, Dirjen PAUD-Dikmas, dan Dirjen Kursus), berperan sebagai sumber dana PKBM.; (2) Bentuk partisipasi masarakat: Pemikiran (penyampaian ide, gagasan, saran, serta masukan secara langsung kepada pihak PKBM melalui diskusi); Harta (pemberian hibah untuk pendanaan kegiatan pelathan dari masyarakat donatur, Dunia Usaha dan Dunia Industri, dan pemerintah); Tenaga (masyarakat berperan sebagai tutor, peserta didik, ikut serta dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, dan kegiatan pembangunan di PKBM); Sarana dan prasarana (membantu kegiatan pembangunan/ pemeliharaan bangunan PKBM serta pemanfaatan ketersediaan barang yang ada di masyarakat; Dukungan moral berupa sosialisasi, anjuran, saran; (3) Faktor pendukung partisipasi masyarakat karena tertarik terhadap program yang bermanfaat, khususnya program keterampilan. Faktor Penghambat partisipasi masyarakat terjadi karena: pertama, kesibukan masyarakat akan pekerjaannya; kedua, masyarakat memiliki karakteristik paradigma berpikir dan antusias belajar yang rendah karena masyarakat datang bukan murni untuk mencari ilmu/ menambah wawasan, melainkan sebatas untuk ‘mencari ijazah’ untuk penyetaraan pendidikan agar dapat bekerja dengan ijazah yang akan didapat dari PKBM; ketiga, terdapat asumsi negatif tentang PKBM; dan, keempat, belum adanya konsistensi pada ketertarikan masyarakat terhadap program di PKBM. Saran yang diajukan: 1) bagi pihak PKBM, disarankan untuk memberikan pemahaman mendalam terkait PKBM dan program-program yang dilaksanakan agar masyarakat tertarik untuk mengikuti program dan memberikan dukungan maksimal terhadap penyelenggaraan program. Menyesuaikan jadwal penyelenggaraan program yang memungkinkan masyarakat siap untuk ikut serta dalam penyelenggaraan program di PKBM. Dan, meningkatkan kerjasama dengan pihak-pihak yang berpotensi sebagai sumber dana untuk menunjang kelengkapan fasilitas, sarana prasarana demi kelancaran penyelenggaraan program. 2) bagi masyarakat disarankan untuk dapat membantu menyelenggarakan program yang ada di PKBM mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi agar penyelenggaraan program pendidikan masyarakat dapat berjalan secara lebih optimal sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar. Masyarakat dapat menerapkan metode tutor sebaya (peer teaching) oleh masyarakat yang mengikuti kegiatan secara langsung bersama instruktur/ pelatih/ tutor, kepada masyarakat yang berhalangan hadir sehingga masyarakat bisa mengikuti program secara maksimal. 3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat melanjutkan penelitian ini dengan berfokus pada model-model dan strategi pengembangan partisipasi masyarakat, mengingat pentingnya partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan program-program PKBM.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v8i1.22440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung