PENGELOLAAN PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C BERBASIS VOKASI BAGI ANAK BERKBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH ALAM KARAWANG

Muhamad Bayu Santoso Putra, Safuri Musa, Tika Santika

Abstract


Pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Dalam UUD 1945 Pasal 31 ayat 1 menyebutkan "Semua warga negara berhak mendapatkan pendidikan". Pendidikan kesetaraan yang dilakukan melalui program Paket A setara SD, Paket B setara SMP, Paket C setara SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pengelolaan program pendidikan paket C berbasis Vokasi bagi anak berkebutuhan khusus di Sekolah Alam. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu, metode penelitian yang menghasilkan data deskriptif dalam bentuk kata-kata tertulis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah pengelola, tutor dan warga belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat warga belajar sangat besar dalam  mengikuti pembelajaran terutama dalam program Vokasi,  serta dorongan/motivasi yang diberikan pihak orang tua dan tutor sangat membantu dalam mengembangkan potensi yang dimiliki oleh anak. Selain faktor pendukung terdapat faktor penghambat, beberapa anak masih belum dapat mengontrol emosi (Tantrum) yang dimilikinya sehingga menghambat kelancara proses dalam pembelajaran serta sarana dan prasarana masih cukup kurang dalam membantu proses pembelajaran. Kesimpulan program pendidikan paket C berbasis Vokasi telah berjalan dengan baik sebagaimana mestinya. Saran lebih memperbanyak sarana dan prasarana bagi warga belajar.


References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Cresswell, J. 1998. Research Design: Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks,, CA: Sagu Publications

Departemen Pendidikan Nasional 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Cipta Jaya

-----------, 2008. Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan. 2016. Petunjuk Teknis Program Pendidikan Kesetaraan Paket C dan Prosedur Pengajuan Bantuan 2016. Jakarta

D. Pembinaan, P. Keaksaraan, K. Komplek, K. Gedung, J. Sudirman, and S. Jakarta, “Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Komplek Kemendikbud Gedung E Lantai 8 Jl. Jenderal Sudirman Senayan Jakarta 10270 No. Telp : 0215725501, email :”.

P. Studi, M. Pendidikan, J. A. Pendidikan, F. I. Pendidikan, and U. N. Yogyakarta, “Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan Paket C Di Unit,” no. April, 2015.

Restu Handayani, “Pengelolaan Program Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket C Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Citra Ilmu,” Pengelolaan Progr. Pendidik. Kesetaraan Kejar Paket C, vol. 1, no. 1, pp. 26–61, 2017

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v8i2.23379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung