PENGELOLAAN PROGRAM PELATIHAN MENGOLAH SAMPAH DI BANK SAMPAH LATANZA DESA CIKAMPEK BARAT

Abdilah Faturahman Hidayat, Dayat Hidayat, Abdul Muis

Abstract


Aktivitas masyarakat yang produktif mampu menciptakan sampah dengan jumlah yang cukup banyak. Hadirnya Bank Sampah Latanza di Desa Cikampek Barat dapat memberikan pandangan baru terhadap masyarakat di desa tersebut. Pengolahan sampah dilakukan Bank Sampah Latanza berkolaborasi bersama masyarakat Desa Cikampek Barat dengan sebuah program pelatihan mengolah sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengelolaan program pelatihan dan hasil program pelatihan mengolah sampah. Subjek penelitian yang menjadi narasumber dalam penelitian ini berjumlah empat orang. Adapun subjek penelitian tersebut diantaranya satu orang pengelola, satu orang tutor, dan dua peserta pelatihan. Untuk menentukan subjek penelitian dengan menggunakan teknik snowbal. Data penelitian diperoleh melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap-tahap yang dilakukan dalam penelitian ini terdapat tahap pra pra-lapangan, tahap kegiatan lapangan, tahap analisis data, tahap kesimpulan, dan tahap pelaporan. Teknik analisis data menggunakan koleksi data, redukasi data, display data, kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pengelolaan sudah dapat berjalan baik dikarenakan terdapat tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Tahap perencanaan berdasarkan latar belakang internal Bank Sampah Latanza dan kebutuhan masyarakat. Pelaksanaan berlangsung pada hari sabtu pada pukul 13.00-16.00 WIB, dan penilaian yang dilakukan terhadap peserta dilakukan pada akhir pelatihan. Dan hasil program pelatihan mampu memberikan sebuah peningkatan pengetahuan, sikap, dan keterampilan masyarkat Desa Cikampek Barat.


Full Text:

PDF

References


Asteria, D. Dan Heruman, H. 2016. Bank Sampah Sebagai Alternatif Strategi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Tasikmalaya. Jurnal Manusia dan Lingkungan 23 (1): 136-141.

Anggraini, Jean. (2013). Dampak Bank Sampah Terhadap Kesejahteraan Masyarakat dan Lingkungan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Adi, Isbandi Rukminto. Pemberdayaan, Pembangunan, Pengembangan Masyarakat dan Intervensi Komunitas. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. 2001

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Fahrurrozi, M., & Mohzana, Z. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tinjauan Teoretis dan Praktik.

Griffin, R. W., Phillips, J. M., & Gully, S. M. (2016). Organizational behavior: Managing people and organizations. Cengage Learning.

Moeloeng, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.

Noe, R. A. Employee Training and Development.(2010).

Shentika, A Prisa. 2016. Pengelolaan Bank Sampah di Kota Probolinggo. JESP 8 (1) : 92-93.

Suryani, A Sri. 2014. Peran Bank Sampah Dalam Efektivitas Pengelolaan Sampah. Aspirasi 5 (1).

Zuriah, Nurul. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v8i2.23383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung