PENGEMBANGAN E-MODUL PARENTING TRANSFORMATIF PROGRAM DALAM MENINGKATKAN RESILIENSI IBU DENGAN ANAK STUNTING

Moh Fikri Tanzil Mutaqin, Inten Risna, Novita Sari

Abstract


Stunting merupakan masalah tinggi dan berat badan yang tidak sesuai dengan usianya perkembangannya dengan penyebab beragam seperti buruknya asupan gizi pranatal, pola asuh, atau masalah infeksi yang dialami oleh ibu atau anak. Persoalan lain yang mendeterminasi stunting adalah rendahnya pengetahuan orang tua akan pengasuhan, pendidikan orang tua, dan sanitasi buruk dilingkungan rumah.  Permasahalan stunting berdampak besar pada kehidupan anak-anak dimasa mendatang seperti menurunya prestasi, keidakpercayaan diri dan problem produktivitas dimasa mendatang. Disisi lain ada kondisi yang tidak pernah tersentuh baik secara praktis maupun penelitian yaitu penerimaan ibu yang memiliki anak stunting. Tentu dinamika psikologi ibu saat menerima kenyataan bahwa anaknya didiagnosa stunting akan sangat beragam seperti marah, tidak menerima, mengalami stress maupun sedih. Dengan demikian sebagai ibu perlu memiliki ketahanan dan adaptasi ditengah kondisi risiko dan masalah stunting anak, ketahanan itu disebut dengan resiliensi. Dimana resiliensi dapat meningkat melalui aspek dukungan sosial, psikologis, dan pengetahuan. Dalam hal ini peneliti tertarik pada aspek dukungan pengetahuan untuk meningkatkan resiliensi ibu melalui program parenting transformatif yang menekankan berpikir reflektif atas pengalamanan yang terjadi. Sehingga peneliti mengusulkan untuk mengembangkan e-modul parenting transformatif program dalam menumbuhkan resiliensi ibu dengan menggunakan metode ADDIE (Analysis, Define, Develop, Impmentation, dan Evaluation).


Full Text:

PDF

References


Astria, N., & Setyawan, I. (2020). Studi Fenomenologi Resiliensi Ibu Yang Memiliki Anak Dengan Autisme. Jurnal Empati, 9(1), 27-46.

Bhana, A., & Bachoo, S. (2011). The determinants of family resilience among families in low-and middle-income contexts: a systematic literature review. South african journal of psychology, 41(2), 131-139.

Budiarti, Retna. 2013. Pengaruh Support Group Counseling Dalam Meningkatkan Self Awareness Orangtua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Psikologia Vol. 2, No. 1, Hal 77- 86.

Benzies, K., & Mychasiuk, R. (2009). Fostering family resiliency: A review of the key protective factors. Child & Family Social Work, 14(1), 103-114.

Dewey, K. G., & Begum, K. (2011). Long‐term consequences of stunting in early life. Maternal & child nutrition, 7, 5-18.

Febyaningsih, E., & Nurfadilah, N. (2021). Pelaksanaan Program Parenting Di Raudhatul Athfal Permata Assholihin. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(2), 70-77.

Febristi, A., & Antoni, A. (2023). Gambaran Status Psikologis Orang Tua Terhadap Kejadian Stunting Di Wiliyah Kerja Kenagarian Pematang Panjang Kab. Sijunjung Tahun 2022. Menara Ilmu, 17(1).

Husnaniyah, D., Yulyanti, D., & Rudiansyah, R. (2020). Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu dengan Kejadian Stunting. The Indonesian Journal of Health Science, 12(1), 57-64.

Hermawati, N. (2018). Resiliensi Orang Tua sunda yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Jurnal psikologi islam dan budaya, 1(1), 67-74.

Hyoscyamina, D. E., & Dewi, K. S. (2012). Pengembangan program parenting bagi anak usia dini dengan pendekatan psikologi positif dan karakter Islami. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islami, 30-46.

Lestari, S., Fujiati, I. I., Keumalasari, D., & Daulay, M. (2018, March). The prevalence and risk factors of stunting among primary school children in North Sumatera, Indonesia. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 125, No. 1, p. 012219). IOP Publishing.

Loeng, S. (2018). Various ways of understanding the concept of andragogy. Cogent Education, 5(1), 1-15.

Mubarok, P. P. (2016). Program pengasuhan positif untuk meningkatkan keterampilan mindful parenting orangtua remaja. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 35-50.

Muniroh, Siti Mumun. 2010. Dinamika Resiliensi Orangtua Yang Memiliki Anak Autis. Vol.7.No.2.

Mezirow, J. (1989). Transformation theory and social action: A response to Collard and Law. Adult Education Quarterly, 39(3), 169-175.

Mediani, H. S. (2020). Predictors of stunting among children under five year of age in Indonesia: a scoping review. Global Journal of Health Science, 12(8), 83.

Pratiwi, R. (2021). Dampak Status Gizi Pendek (Stunting) Terhadap Prestasi Belajar. Nursing Update: Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan P-Issn: 2085-5931 E-Issn: 2623-2871, 12(2), 11-23.

Ryadinency, R., Suwandi, N., & Patmawati, T. A. (2020). Analysis of Determinant Factors in Stunting Children in Palopo, Indonesia. Journal Wetenskap Health, 1(2), 77-82.

Sumardilah, D. S., & Rahmadi, A. (2019). Risiko stunting anak baduta (7-24 bulan). Jurnal Kesehatan, 10(1), 93-104.

Siswati, T., Hookstra, T., & Kusnanto, H. (2020). Stunting among children Indonesian urban areas: What is the risk factors. Jurnal Gizi dan Dietetik Indonesia (Indonesian Journal of Nutrition and Dietetics), 8(1), 1-8.

Sakti, S. A. (2020). Pengaruh Stunting pada tumbuh kembang anak periode golden age. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 6(1), 169-175.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Siti, S. (2020). HUBUNGAN ANTARA RESILIENSI DENGAN BEBAN IBU MERAWAT ANAK STUNTING BERBASIS TEORI SWANSON (Studi di Puskesmas Arosbaya Kabupaten Bangkalan) (Doctoral dissertation, STIKes Ngudia Husada Madura).

Southwick, P., & Miller, I. (2002). The Tao of resilience.

Snyder, C. R., & Lopez, S. J. (2002). The future of positive psychology. Handbook of positive psychology, 751-767.

Sari, M., & Suhardin, S. (2020). Family determinants of stunting in Indonesia: A systematic review. Int. J. Psychosoc. Rehabil, 24, 815-822.

Ramdhani, A., Handayani, H., & Setiawan, A. (2021, February). Hubungan Pengetahuan Ibu Dengan Kejadian Stunting. In Prosiding Seminar Nasional LPPM UMP (Vol. 2, pp. 28-35).




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v8i2.23384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung