POLA PELATIHAN JURNALISTIK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SANTRI DI PESANTREN DURROTU ASWAJA SEMARANG

Nur Hidayatun Liliek Desmawati

Abstract


POLA PELATIHAN JURNALISTIK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SANTRI DI PESANTREN DURROTU ASWAJA SEMARANG

Nur Hidayatun, Liliek Desmawati

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitas Negeri Semarang, Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50299

e-mail : [email protected],  [email protected]

 

Abstrak : Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pola pelatihan jurnalistik, dampak, serta faktor pendukung dan penghambat santri mengikuti pelatihan jurnalistik di pondok pesantren Durrotu Aswaja Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari 8 orang yaitu 5 orang peserta didik, 2 tutor, dan 1 ketua pelaksana kegiatan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teori dan sumber. Teknik analisis data melalui pegumpulan data, reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pola pelatihan jurnalistik dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dampak pelatihan bagi santri yaitu pada keterampilan tulis menulis dan pola pikir. Sedangkan yag menjadi faktor pendukung adalah kondisi dan hubungan sosial didalam pesantren dan faktor penghambatnya adalah sarana dan reward bagi peserta pelatihan.

Kata Kunci : Pola, Pelatihan, Motivasi, Pondok pesantren.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anyim,C.F., O.C.Chidi, & A.E. Badejo. 2012. Motivation and employee’s performance in the public and private sectors in Nigeria. Internationa Journal of Business Administration. Vol.03, No.1, 31-40

Ermanto. 2005. Wawasan Jurnalistik praktis, peluang dan tantangan wartawan kreatif. Yogyakarta : Cinta Pena

Haryati, Sri. 2012.Pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan sekolah dan madrasah melalui proses akreditasi. Jurnal pengembangan Humaniora. Vol. 12, No. 3, 199-199-204

Kamil, Mustofa.2012. Model pendidikan dan pelatihan. Bandung : Alfabeta

Madjid, Nurcholis. 1997. Bilik-bilik pesantren, sebuah potret pengalaman. Jakarta: Paramadin

Moleong, L J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Mulkhan, Abdul Munir.2003. Menggagas pesantren masa depan. Yogyakarta: CV Qalam

Munib, Achmad. 2011. Pengantar ilmu pendidikan. Semarang : Unnes Press

Ongori, Henry & Jennifer C.N. Training and development practices in an organisation an intervention to enhance organisational effectiveness. International Journal of Engineering and Management Sciences. Vol 2, No 4 187-198

Shaleh, Abdurrahman dkk. 2000. Pendidikan agama dan keagamaan. Jakarta : PT Germawindu Panca perkasa

Sudjana, Djudju. 2005. Sistem dan Manajemen Pelatihan. Bandung : Fallah Production

Sudjana, Djudju. 2008. Evaluasi Pendidikan Luar Sekolah. Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Sugiyono. 2012. Metodologi peneltian kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sutarto, Joko.2013. Manajemen Pelatihan.Yogyakarta : Deepublish

Taufiqurrahman.2015. Pesantren literature a form of ideological discourse countening comunism. International Jurnal of Indonesian Studies. Vol : 01 No.2 128-140

Wahyudi JB. 1996. Dasar-dasar jurnalistik radio dan televisi. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v2i2.2954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung