POLA PELATIHAN JURNALISTIK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SANTRI DI PESANTREN DURROTU ASWAJA SEMARANG
Abstract
POLA PELATIHAN JURNALISTIK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SANTRI DI PESANTREN DURROTU ASWAJA SEMARANG
Nur Hidayatun, Liliek Desmawati
Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Semarang, Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50299
e-mail : [email protected], [email protected]
Abstrak : Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pola pelatihan jurnalistik, dampak, serta faktor pendukung dan penghambat santri mengikuti pelatihan jurnalistik di pondok pesantren Durrotu Aswaja Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari 8 orang yaitu 5 orang peserta didik, 2 tutor, dan 1 ketua pelaksana kegiatan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teori dan sumber. Teknik analisis data melalui pegumpulan data, reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pola pelatihan jurnalistik dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dampak pelatihan bagi santri yaitu pada keterampilan tulis menulis dan pola pikir. Sedangkan yag menjadi faktor pendukung adalah kondisi dan hubungan sosial didalam pesantren dan faktor penghambatnya adalah sarana dan reward bagi peserta pelatihan.
Kata Kunci : Pola, Pelatihan, Motivasi, Pondok pesantren.Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Anyim,C.F., O.C.Chidi, & A.E. Badejo. 2012. Motivation and employee’s performance in the public and private sectors in Nigeria. Internationa Journal of Business Administration. Vol.03, No.1, 31-40
Ermanto. 2005. Wawasan Jurnalistik praktis, peluang dan tantangan wartawan kreatif. Yogyakarta : Cinta Pena
Haryati, Sri. 2012.Pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan sekolah dan madrasah melalui proses akreditasi. Jurnal pengembangan Humaniora. Vol. 12, No. 3, 199-199-204
Kamil, Mustofa.2012. Model pendidikan dan pelatihan. Bandung : Alfabeta
Madjid, Nurcholis. 1997. Bilik-bilik pesantren, sebuah potret pengalaman. Jakarta: Paramadin
Moleong, L J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Mulkhan, Abdul Munir.2003. Menggagas pesantren masa depan. Yogyakarta: CV Qalam
Munib, Achmad. 2011. Pengantar ilmu pendidikan. Semarang : Unnes Press
Ongori, Henry & Jennifer C.N. Training and development practices in an organisation an intervention to enhance organisational effectiveness. International Journal of Engineering and Management Sciences. Vol 2, No 4 187-198
Shaleh, Abdurrahman dkk. 2000. Pendidikan agama dan keagamaan. Jakarta : PT Germawindu Panca perkasa
Sudjana, Djudju. 2005. Sistem dan Manajemen Pelatihan. Bandung : Fallah Production
Sudjana, Djudju. 2008. Evaluasi Pendidikan Luar Sekolah. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
Sugiyono. 2012. Metodologi peneltian kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Sutarto, Joko.2013. Manajemen Pelatihan.Yogyakarta : Deepublish
Taufiqurrahman.2015. Pesantren literature a form of ideological discourse countening comunism. International Jurnal of Indonesian Studies. Vol : 01 No.2 128-140
Wahyudi JB. 1996. Dasar-dasar jurnalistik radio dan televisi. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v2i2.2954
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung